Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cuaca Buruk, Harga Durian dari Malaysia Berpotensi Melonjak Drastis

Hal ini berpotensi mengurangi pasokan durian hingga setengahnya dan pada gilirannya, mengakibatkan kenaikan harga beberapa varietas yang diekspor ke Singapura dan China.

Dilansir dari CNA, Francis Hong, wakil presiden Asosiasi Petani Buah Malaysia, mengatakan hujan lebat dan banjir selama sebulan terakhir terjadi pada saat kritis dari proses panen untuk perkebunan durian di daerah seperti Segamat, Batu Pahat dan Muar.

“Cuaca buruk pada awal Maret telah mengganggu proses pembungaan banyak pohon durian di daerah ini dan ini akan berdampak signifikan pada panen musim mendatang,” kata Hong, yang juga ketua Asosiasi Petani Buah Johor.

“Karena kurangnya sinar matahari dan air bah yang merusak pepohonan, bunga di banyak pohon ini gagal matang, dan buahnya tidak terbentuk. Saya pikir Johor kemungkinan akan menghasilkan durian 50 persen lebih sedikit dibandingkan tahun-tahun sebelumnya,” tambahnya.

Puncak musim durian tahunan di Malaysia biasanya terjadi dari Mei hingga Agustus.

Hujan lebat yang berkepanjangan pada awal Maret menyebabkan banjir di berbagai bagian Johor utara dan tengah, termasuk Batu Pahat, Kluang, Pulai, Muar, dan Segamat.

Daerah itu terkenal sebagai penghasil durian berkualitas baik.

Pada puncaknya, sekitar 50.000 orang mengungsi dari rumah mereka selama banjir.

Namun, angka mulai telah menurun sejak itu.

Menurut Badan Nasional Penanggulangan Bencana, sekitar 6.160 orang ditempatkan di pusat-pusat bantuan sementara hingga Selasa (21/3/2023) sore.

Konsultan durian Lim Chin Kee mengatakan kepada CNA bahwa banjir di Johor tidak dapat dihindari berdampak buruk pada pasokan durian.

Lim, yang memiliki perkebunan durian di Raub, Pahang, mengatakan bahwa hujan dan banjir menyebabkan akar terkena jamur di tanah, dan ini dapat menyebabkan bibit layu dan mati sebelum berbuah.

“Hujan yang terus menerus juga menyebabkan banyak pohon durian yang akarnya busuk. Beberapa kebun durian di Johor memiliki korban yang sangat tinggi, yang lain memiliki korban kecil, tetapi panen secara keseluruhan sangat terpengaruh," katanya.

https://www.kompas.com/global/read/2023/03/22/190000470/cuaca-buruk-harga-durian-dari-malaysia-berpotensi-melonjak-drastis

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke