Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Indonesia Jadi Tamu Kehormatan di Qatar International Food Festival

LUSAIL, KOMPAS.com - Indonesia menjadi tamu kehormatan dalam ajang Qatar International Food Festival (QIFF) 2023.

Kegiatan yang memamerkan dan menyajikan kuliner dari berbagai negara itu diagendakan berlangsung pada 11-21 Maret 2023, di Lusail Boulevard, Lusail, Qatar.

Acara tersebut dihadiri oleh Chairperson Qatar Museum, H.E. Sheikha Al Mayassa binti Hamad al Thani dan CEO Qatar Airways Mr. Akbar al Baker.

Qatar Airways sendiri adalah sponsor utama dalam ajang Qatar International Food Festival kali ini.

Dalam ajang tersebut, Indonesia mendatangkan Helianti Hilman pendiri Javara Indonesia, promotor terkemuka tentang keanekaragaman hayati pangan Indonesia dan Ade Putri Paramadita pendongeng kuliner dan peneliti pangan.

Mereka akan berkolaborasi dengan chef dari Qatar untuk menyajikan masakan Indonesia dengan sentuhan Qatar.

Beberapa restoran Indonesia di Qatar seperti Tofu and Cake dan Mama Rozie juga turut membuka foodstall di ajang ini.

Di luar itu, Indonesia juga mendapatkan booth khusus dari penyelenggara untuk menyajikan aneka kuliner dari Indonesia.

Dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com pada Selasa (14/3/2023), KBRI Doha menjelaskan, dipilihnya Indonesia sebagai tamu kehormatan di Qatar International Food Festival tidak lepas dari status Indonesia dan Qatar yang saat ini sedang menggelar ajang Tahun Kebudayaan 2023.

Ajang Tahun Kebudayaan RI-Qatar akan berlangsung selama setahun dan diisi dengan berbagai program seperti pameran seni, pertunjukan budaya, residensi pelaku seni, beasiswa budaya, pameran kuliner, fashion dan sebagainya.

"Di tengah situasi dunia yang semakin dinamis saat ini, kita memerlukan kerjasama internasional yang lebih kuat, dan saya percaya budaya adalah alat yang ampuh" kata Dubes RI untuk Qatar Ridwan Hassan dalam pembukaan Tahun Kebudayaan RI-Qatar di Museum of Islamic Art pada Minggu (12/3/2023).

Sementara itu, Sheikha Al Mayassa bint Hamad al Thani, Chairperson Qatar Museums, menyampaikan tahun 2023 menjadi tahun istimewa karena Tahun Kebudayaan digelar bersama Indonesia, sebuah negara dengan tradisi yang sangat beragam.

"Ini adalah modal yang kuat untuk kedua negara mengembangkan kerjasama yang lebih erat ke depan," ujar Sheikha Al Mayassa yang juga adalah adik dari Amir Qatar Sheikh Tamim bin Hamad al Thani.

https://www.kompas.com/global/read/2023/03/14/103400570/indonesia-jadi-tamu-kehormatan-di-qatar-international-food-festival

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke