Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Serangan Rudal Rusia Hantam Apartemen di Zaporizhzhia Ukraina, 4 Tewas

ZAPORIZHZHIA, KOMPAS.com – Sebuah rudal Rusia menghantam sebuah gedung apartemen lima lantai di Kota Zaporizhzhia, Ukraina pada Kamis (2/3/2023).

Serangan Rusia di apartemen Kota Zaporizhzhia tersebut menewaskan sedikitnya empat orang, lapor pejabat Ukraina, sebagaimana dilansir Reuters.

Lantai atas bangunan apartemen itu hancur dan mobil-mobil yang diparkir di dekatnya remuk. Puing-puing berserakan di sekitar gedung.

“Orang-orang berteriak dari bawah reruntuhan. Sulit didengar. Kami terkejut,” kata Yuliia Kharytenko, seorang wanita berusia 36 tahun yang tinggal di apartemen itu, kepada Reuters.

Kantor Kejaksaan Ukraina mengatakan, sedikitnya empat orang tewas dan delapan lainnya luka-luka dalam serangan Rusia. Selain itu, lima orang belum ditemukan.

Tujuh orang selamat dan masih menjalani perawatan di rumah sakit. Dari ketujuh korban selamat, tiga di antaranya dalam kondisi kritis.

Di antara mereka yang selamat adalah seorang pria berusia 30 tahun yang menurut petugas penyelamat terjebak di bawah lempeng beton akibat serangan rudal.

Melalui unggahan di Facebook, Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy mengutuk serangan itu.

Dia mengulangi janjinya bahwa Ukraina akan tetap mengusir pasukan Rusia yang menginvasi negaranya.

“Negara teroris ingin mengubah setiap hari bagi rakyat kami menjadi hari teror. Tapi kejahatan tidak akan memerintah di tanah kami,” tulis Zelensky.

“Kami akan mengusir semua penjajah dan mereka pasti akan dimintai pertanggungjawaban atas semuanya,” sambungnya.

Moskwa tidak segera mengomentari serangan di Zaporizhzhia saat diminta komentar oleh Reuters.

Rusia kerap menyangkal pihaknya sengaja menargetkan warga sipil. Namun, Rusia telah menghancurkan kota-kota di seluruh Ukraina dalam serangan rudal dan drone.

https://www.kompas.com/global/read/2023/03/02/210100470/serangan-rudal-rusia-hantam-apartemen-di-zaporizhzhia-ukraina-4-tewas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke