Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

KBRI Ankara Distribusikan Lagi Bantuan ke WNI Terdampak Gempa Turkiye

ANTAKYA, KOMPAS.com - Tim KBRI Ankara dan Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Republik Indonesia kembali mendistribusikan bantuan logistik bagi WNI terdampak gempa Turkiye di Osmaniye, Nurdagi, Belen, Harsus, Antakya, Herbia, dan Iskanderun pada Minggu (26/2/2023).

Bantuan logistik diberikan kembali menyusul gempa susulan berkekuatan M 6,4 yang terjadi tanggal 20 Februari 2023.

“Pasca-gempa besar terakhir, ada permintaan dari WNI di daerah terdampak. Pada umumnya mereka memilih tetap di kota-kota tersebut karena memiliki keluarga berkebangsaan Turkiye yang harus mereka temani. Namun, kami pastikan mereka aman. Hanya membutuhkan dukungan logistik,” ujar Diplomat senior Kemenlu, Fajar Nuradi, dalam keterangan yang dikirim KBRI Ankara pada Senin (27/2/2023).

Fajar Nuradi sendiri kini tengah berada di Hatay untuk mengkoordinasikan upaya perlindungan terhadap WNI korban gempa Turkiye dan bantuan kemanusian Pemerintah Indonesia.

Beberapa jenis dukungan logistik yang diminta oleh WNI di daerah terdampak gempa besar Turkiye terakhir, antara lain berupa genset, selimut, tenda, obat, jaket, alat pemanas, serta bahan makanan.

KBRI Ankara melaporkan, beberapa WNI memang berada di daerah terpencil guna menghindari reruntuhan gedung di wilayah perkotaan.

Sejak hari pertama gempa, KBRI Ankara memastikan terus memantau kondisi WNI di wilayah terdampak.

Dari sekitar 500 WNI, KBRI Ankara melaporkan, sebanyak 128 orang telah dievakuasi.

Sementara, 10 orang mengalami luka-luka dan masih terus diberikan perawatan.

Sedangkan, empat WNI telah ditemukan meninggal dunia dan sisanya memilih tetap tinggal di pinggiran kota di wilayah sekitar.

Nah, kebanyakan dari mereka yang berada di pinggiran kota ini lah yang membutuhkan dukungan logistik dari KBRI Ankara kini.

Sekitar 85 orang WNI terdampak gempa Turkiye juga telah dipulangkan ke Indonesia dengan pesawat garuda Indonesia yang membawa bantuan kemanusiaan pada tanggal 22 Februari 2023 lalu.

https://www.kompas.com/global/read/2023/02/27/191400070/kbri-ankara-distribusikan-lagi-bantuan-ke-wni-terdampak-gempa-turkiye

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke