Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Setelah Biden Dadakan ke Kyiv, Zelensky: Rusia Tak Punya Peluang Menang

KYIV, KOMPAS.com - Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky pada Senin (20/2/2023) mengatakan Rusia tidak memiliki peluang untuk memenangkan perangnya melawan Ukraina.

Dia mengatakan hal demikian setelah Presiden AS Joe Biden menjanjikan pasokan senjata tambahan ke Ukraina saat melakukan kunjungan dadakan ke Kyiv.

"Ini adalah sinyal tegas bahwa upaya Rusia untuk menang tidak akan memiliki peluang," kata Zelensky mengacu pada kunjungan Biden dan janji dukungan militer baru.

"Bersama-sama kita akan melindungi kota kita, rakyat kita dari teror Rusia," ucap dia, dikutip dari AFP.

Presiden AS Joe Biden dilaporkan telah mengumumkan bantuan militer baru untuk Ukraina selama kunjungan dadakan ke Kyiv pada Senin.

Dia menunjukkan solidaritas dengan Ukraina beberapa hari sebelum invasi Rusia ke Ukraina genap berusia setahun pada 24 Februari 2023.

Diberitakan Reuters, Biden mengatakan AS akan mendukung Ukraina selama diperlukan.

Amerika Serikat sejauh ini merupakan pemasok bantuan militer terbesar untuk membantu Ukraina mengusir pasukan Rusia yang memiliki perlengkapan lebih baik.

Bantuan militer tambahan

Biden mengatakan Amerika akan memberi Kyiv paket bantuan militer baru senilai 500 juta dollar AS (sekitar Rp7,5 triliun) yang akan diumumkan pada Selasa (21/2/2023).

Dia mengatakan itu akan mencakup lebih banyak amunisi untuk Sistem Roket Artileri Mobilitas Tinggi.

Dalam pidatonya, Biden memuji keberanian pasukan Ukraina selama perang dan mencatat bahwa dia telah mengunjungi Kyiv enam kali ketika dia sebelumnya menjabat sebagai wakil presiden.

"Saya tahu saya akan kembali," katanya.

Sirene serangan udara meraung saat Zelensky dan Biden berada di dalam Katedral Kubah Emas St Michael di sebuah alun-alun di Kyiv pusat tempat tank-tank Rusia yang terbakar telah ditempatkan.

Ukraina sedang mempersiapkan apa yang diperkirakan akan menjadi serangan besar baru Rusia yang menurut beberapa analis militer sudah berlangsung.

https://www.kompas.com/global/read/2023/02/20/210000970/setelah-biden-dadakan-ke-kyiv-zelensky--rusia-tak-punya-peluang-menang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke