Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Indonesia Negara Dominan di G20, Jepang Ingin Perkuat Kerja Sama

TOKYO, KOMPAS.com - Pemerintah Jepang tengah berupaya meningkatkan hubungan yang lebih erat lagi dengan Indonesia dalam rangka memperingati 65 tahun hubungan diplomatik kedua negara yang sudah dijalin sejak 1958.

"Hubungan Jepang dan Indonesia semakin diperkuat," kata Wakil Direktur Divisi Kedua Asia Tenggara Departemen Urusan Asia Tenggara dan Barat Daya Kementerian Luar Negeri Jepang Kaneko Kazuya di Tokyo, Sabtu (18/2/2023).

Kaneko mengatakan, penguatan hubungan antara kedua negara dibuktikan dengan kunjungan Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida ke Indonesia dan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) ke Jepang.

Kedua kunjungan itu menunjukkan upaya kedua negara untuk semakin mempererat hubungan, sebagaimana dilansir Antara.

"Jadi apa yang telah dilaksanakan adalah untuk mewujudkan hubungan yang lebih erat antara Indonesia dan Jepang," kata dia.

Jepang menilai, Indonesia mitra penting dengan potensi besar yang masih perlu dikembangkan lagi.

Dia menganggap Indonesia mitra penting bagi Jepang karena menjadi salah satu negara paling dominan di antara negara-negara anggota G20.

Kemudian, Indonesia juga memiliki sumber daya energi sangat berlimpah yang berpotensi untuk dikembangkan melalui kerja sama lebih erat.

Kaneko menunjukkan sebuah survei di Inggris yang menyebutkan Indonesia akan menjadi negara dengan perekonomian terbesar keempat di dunia pada 2050.

Sementara grafik yang dia tunjukkan juga menunjukkan salah satu faktor yang menjamin kemajuan Indonesia di masa mendatang, yaitu populasi generasi muda yang lebih dominan.

Hal itu, berbeda dari Jepang yang memiliki populasi lansia lebih banyak dibandingkan dengan generasi mudanya.

Kaneko juga menyoroti Indonesia sebagai negara demokrasi paling dinamis dan negara berpenduduk Muslim terbesar di dunia.

"Ini berbeda dengan negara-negara Timur Tengah yang mengalami kesulitan mewujudkan kedaulatan rakyat meski didominasi negara-negara Muslim," kata Kaneko.

Mengingat banyaknya potensi dan kemajuan yang telah dicapai Indonesia, Jepang menilai hubungan kedua negara perlu dibuat lebih erat lagi.

"Karena diprediksi Indonesia akan mengalami kemajuan, Jepang akan berusaha meningkatkan hubungan," kata dia.

Untuk itu Jepang berupaya menempuh beberapa hal, antara lain memupuk hubungan bilateral lebih erat dan memperkuat kerja sama keamanan atau keamanan laut.

Jepang juga akan mengupayakan strategi meningkatkan kerja sama ekonomi mengingat Indonesia adalah negara dengan pendapatan menengah.

Selain itu, "Negeri Sakura" turut berupaya meningkatkan interaksi antarmasyarakat kedua negara guna menumbuhkan kesalingpengertian di antara kedua masyarakat.

Terakhir, Jepang akan bekerja sama lebih erat dengan Indonesia guna mengatasi berbagai isu dan tantangan regional.

https://www.kompas.com/global/read/2023/02/19/173100170/indonesia-negara-dominan-di-g20-jepang-ingin-perkuat-kerja-sama

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke