Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

CIA: Ambisi Xi Jinping terhadap Taiwan Tak Boleh Diremehkan, Siap Luncurkan Invasi pada 2027

KOMPAS.com - Direktur Badan Intelijen Pusat AS (CIA) William Burns pada Kamis (2/1/2023) memperingatkan, ambisi Presiden China Xi Jinping terhadap Taiwan tidak boleh diremehkan.

Burns menyebut, Amerika Serikat (AS) tahu bahwa Xi telah memerintahkan militernya untuk siap melakukan invasi ke Taiwan yang memiliki pemerintahan sendiri pada 2027.

"Sekarang, itu tidak berarti bahwa dia telah memutuskan pasti melakukan invasi pada tahun 2027 atau tahun lainnya, tetapi itu adalah pengingat akan keseriusan fokus dan ambisinya," kata Burns, sebagaimana dikutip dari Reuters.

Direktur CIA berkata demikian ketika hadir dalam sebuah acara di Universitas Georgetown di Washington.

"Penilaian kami di CIA adalah bahwa saya tidak akan meremehkan ambisi Presiden Xi sehubungan dengan Taiwan," ucap dia.

Burn menambahkan bahwa, pemimpin China kemungkinan besar tengah terkejut serta gelisah, dan sedang mencoba menarik pelajaran dari kinerja Militer Rusia yang sangat buruk di Ukraina.

Pada Februari tahun lalu atau tak lama setelah Moskwa menginvasi Ukraina, Rusia dan China telah menandatangani kemitraan "tanpa batas".

Hubungan ekonomi mereka pun berkembang pesat karena hubungan Rusia dengan Barat telah menyusut.

Invasi Rusia ini pun telah memicu kekhawatiran di Barat terkait China kemungkinan akan melakukan langkah serupa di Taiwan, sebuah pulau demokratis yang menurut Beijing adalah wilayahnya.

China telah menahan diri untuk tidak mengutuk operasi Rusia melawan Ukraina, tetapi berhati-hati untuk tak memberikan dukungan material langsung yang dapat memicu sanksi Barat.

"Saya pikir itu adalah kesalahan untuk meremehkan komitmen bersama untuk kemitraan itu, tapi itu bukan persahabatan yang sepenuhnya tanpa batas," kata Burns.

Saat Burns berbicara demikian, berita datang dari pejabat AS bahwa balon mata-mata China telah terbang di atas Amerika Serikat selama beberapa hari.

Para pejabat senior AS telah menyarankan Presiden Joe Biden untuk tidak menembak jatuh balon tersebut karena takut puing-puing tersebut dapat menimbulkan ancaman keselamatan di daratan. 

Burn menyebut China sebagai tantangan geopolitik terbesar yang saat ini dihadapi oleh Amerika Serikat.

https://www.kompas.com/global/read/2023/02/03/092300670/cia-ambisi-xi-jinping-terhadap-taiwan-tak-boleh-diremehkan-siap-luncurkan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke