Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

PNS Ukraina dan Para Pejabat Dilarang ke Luar Negeri Selama Perang Lawan Rusia

Juru bicara dinas penjaga perbatasan Ukraina Andriy Demchenko mengatakan kepada AFP pada Senin (30/1/2023), tindakan tersebut--yang disahkan pekan lalu--sudah mulai berlaku.

"Mereka sekarang hanya boleh pergi sebagai bagian dari misi kerja," katanya.

Setelah Presiden Rusia Vladimir Putin mengerahkan pasukan ke Ukraina pada 24 Februari 2022, pria Ukraina dalam usia tempur diperintahkan untuk tetap di negara itu kecuali jika ada pengecualian.

Dalam aturan baru, pejabat senior hanya boleh bepergian ke luar negeri jika mengunjungi anak-anaknya, dalam perawatan medis, atau setelah kematian orang tercinta, ujar Demchenko.

Larangan ini juga berlaku untuk pegawai negeri perempuan serta para deputi daerah.

Anggota parlemen Ukraina Iryna Gerashchenko mengecam aturan ini sebagai keputusan populis, karena sekitar 15.000 deputi lokal adalah perempuan dan beberapa di antaranya bekerja sebagai relawan.

  • Jerman Tegas Tidak Akan Kirim Jet Tempur ke Ukraina
  • AS Tidak Akan Kirim Jet Tempur F-16 ke Ukraina
  • Kremlin: Biden Pegang Kunci Akhiri Perang Ukraina, tapi Tidak Dipakai

"Awalnya, pihak berwenang meminta semua orang yang bisa pergi selama musim dingin bertemu anak-anak mereka, sekarang mereka tidak diizinkan pergi," katanya di Facebook.

"Pihak berwenang terus mengambil langkah-langkah sembrono yang tidak ada hubungannya dengan perang."

Tindakan ini diambil setelah beberapa pejabat dituduh berlibur ke luar negeri, seperti wakil jaksa Ukraina Oleksiy Symonenko yang mengunjungi Marbella, resor populer di Spanyol.

Symonenko termasuk pejabat yang mengundurkan diri pekan lalu dalam perombakan politik terbesar Ukraina terkait serangkaian tuduhan korupsi.

Sebuah kantor media yang berpengaruh pada Jumat (27/1/2023) melaporkan bahwa mantan perdana menteri Yulia Tymoshenko berlibur di sebuah vila mewah di Uni Emirat Arab.

https://www.kompas.com/global/read/2023/01/31/122200870/pns-ukraina-dan-para-pejabat-dilarang-ke-luar-negeri-selama-perang-lawan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke