Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Punya Bayi, Keluarga di Korea Selatan Dapat Tunjuangan Rp11,15 Juta Per Bulan

SEOUL, KOMPAS.com – Bila Bulgaria menggunakan iming-iming cuti melahirkan sangat panjang, Korea Selatan memiliki solusi pemberian uang untuk meningkatkan angka kelahiran yang rendah.

Mulai tahun ini, setiap keluarga di “Negeri Gingseng” yang memiliki anak baru lahir memenuhi syarat untuk menerima tunjangan bulanan sekitar Rp11,15 juta.

Alasan dari pembayaran besar-besaran itu sederhana.

Dalam dua tahun, satu dari lima warga Korea Selatan diperkirakan akan berusia di atas 65 tahun, menurut lembaga statistik nasional negara tersebut.

Seperti banyak negara lainnya, Korea Selatan menghadapi kesulitan dalam memastikan sistem kesehatan dan kesejahteraan sosialnya siap menampung populasi menua.

Masalah ini menjadi semakin besar ketika tingkat kelahiran Korea Selatan menurun hingga menjadi terendah sedunia pada 2022.

Maka, Pemerintah Korea Selatan mencoba mengatasinya dengan melipatgandakan “pembayaran bayi” hingga tiga kali lipat dari sebelumnya.

Pembayaran ini berlaku untuk setahun penuh, dan ketika anak itu berusia satu tahun, jumlah uang itu dipotong setengah.

  • Kemarin China, Kini Jepang yang Khawatirkan Penurunan Populasi
  • Populasi China Merosot, Akankah Jumlah Penduduk Bumi Kena Dampak?
  • Mengapa Populasi China Bisa Turun Drastis?

Proses tersebut berjalan untuk tahun-tahun berikutnya.

Pembuat kebijakan berharap skema pembayaran ini akan berdampak signifikan bagi permasalahan demografis yang dihadapi Korea Selatan.

“Hanya dalam 20 tahun, diprediksi bahwa Korea Selatan akan menyusul Jepang sebagai negara (dengan populasi) tertua di dunia,” kata Lee Sang-rim, seorang peneliti di Institut Korea untuk Urusan Kesehatan dan Sosial kepada BBC Korea pada 2022.

Artikel selengkapnya berjudul "Lima hal yang dilakukan sejumlah negara agar warganya mau punya anak dan merawat manula"  dapat dibaca di BBC Indonesia.

https://www.kompas.com/global/read/2023/01/28/120000370/punya-bayi-keluarga-di-korea-selatan-dapat-tunjuangan-rp11-15-juta-per

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke