Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

[POPULER GLOBAL] Pembakaran Al Quran Berbuntut Panjang | Penembakan Terbaru AS

KOMPAS.com – Berita tentang aksi pembakaran salinan Al Quran di Swedia berbuntut panjang memuncaki daftar Populer Global kali ini.

Di bawahnya, ada berita tentang penembakan terbaru AS yang menewaskan dua murid di Sekolah Desa Moines.

Berita di kanal Global Kompas.com yang paling banyak dibaca selanjutnya, yakni terkait jumlah korban tewas dalam penembakan massal di Monterey Park bertambah jadi 11 orang.

Untuk lebih lengkapnya, berikut rangkuman daftar Populer Global edisi Selasa (24/1/2023) hingga Rabu (25/1/2023) pagi yang dapat Anda simak:

1. Aksi Bakar Salinan Al Quran di Swedia oleh Rasmus Paludan Dikecam Negara-negara Islam dan Merembet ke Urusan NATO

Aksi pembakaran salinan Al Quran dalam demonstrasi di Swedia telah berbuntut panjang.

Selain dikecam sejumlah negara Arab dan negara-negara Islam, aksi tersebut telah merembet ke urusan Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO).

Pembakaran itu dilakukan politisi sayap kanan Swedia, Rasmus Paludan, ketika berdemonstrasi di luar Kedutaan Turkiye di Stockholm pada Sabtu (21/1/2023).

Baca selengkapnya di sini

2. Penembakan Terbaru AS, 2 Murid Tewas di Sekolah Des Moines

Penembakan terbaru di Amerika Serikat menewaskan dua murid dan melukai seorang pegawai dewasa di sekolah Kota Des Moines, negara bagian Iowa, Senin (23/1/2023).

Sekolah tersebut menampung anak-anak muda berisiko yang membutuhkan bantuan.

Polisi mengatakan, penembakan ini bertarget atau tidak acak. 

Polisi dilaporkan telah menangkap tiga tersangka penembakan di Des Moines ini.

Baca insiden selengkapnya di sini

3. Korban Tewas Penembakan di Monterey Park AS Tambah Jadi 11 Orang

Jumlah korban tewas dari penembakan di Monterey Park, negara bagian California, Amerika Serikat, bertambah menjadi 11 orang.

Penembakan massal Imlek ini awalnya dilaporkan menewaskan sembilan orang, kemudian naik menjadi sepuluh sebelum angka terbaru pada Senin (23/1/2023) tersebut. Penembakan Monterey Park terjadi di dua lokasi pada Sabtu (21/1/2023) malam waktu setempat.

Tersangka bernama Huu Can Tran ditemukan tewas bunuh diri di mobil van-nya saat dikepung polisi.

Baca selengkapnya di sini

4. Desertir Tentara Bayaran Grup Wagner Rusia Ditangkap di Norwegia

Seorang pria mengaku sebagai mantan anggota tentara bayaran Rusia Grup Wagner melarikan diri ke Norwegia sekitar 10 hari lalu, ditangkap karena melanggar undang-undang imigrasi, kata polisi pada Senin (23/1/2023).

Grup Wagner tidak menyangkal dia bekerja untuk pasukan tempur yang kontroversial itu.

Pria bernama Andrei Medvedev (26) tersebut melintasi perbatasan Rusia-Norwegia di ujung utara pada dini hari tanggal 13 Januari 2023 dan mencari suaka di negara Skandinavia itu.

Baca selengkapnya di sini

5. Penjelasan Kenapa Biaya Haji 2023 di Arab Saudi Turun, tapi Indonesia Akan Naik

Pemerintah menyatakan rencana kenaikan biaya perjalanan ibadah haji (BIPIH) 2023 dari Rp 39,8 juta (2022) menjadi Rp 69.1 juta, mengikuti biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH), demi keseimbangan dan keadilan antara beban jemaah dan keberlangsungan dana nilai manfaat BPIH ke depannya.

Pemerintah mengusulkan kenaikan biaya ibadah haji tahun 2023 ini menjadi Rp 69 juta per jemaah, atau berarti hampir dua kali lipat dari biaya tahun sebelumnya Rp 39,8 juta.

Usulan ini disampaikan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dalam rapat kerja dengan Komisi VIII Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Kamis pekan lalu (19/1/2023) di kompleks parlemen, Jakarta.

Baca selengkapnya di sini

https://www.kompas.com/global/read/2023/01/25/053016070/populer-global-pembakaran-al-quran-berbuntut-panjang-penembakan-terbaru

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke