Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sebut Michelle Yeoh Aktris Hong Kong, Menteri Ini Dikecam Netizen Malaysia

PUTRAJAYA, KOMPAS.com – Aktris Malaysia Michelle Yeoh berhasil meraih piala pertamanya dalam ajang Golden Globe Awards 2023.

Michelle Yeoh membawa pulang kategori Best Performance by an Actress in a Motion Picture - Musical or Comedy berkat perannya sebagai Evelyn Quan Wang dalam film Everything Everywhere All at Once.

Penghargaan tersebut membuat banyak warga Malaysia senang dan bergembira. Di satu sisi, ada sejumlah pihak yang mengeklaim kewarganegaraan Michelle Yeoh.

Salah satunya adalah Menteri Budaya, Olahraga, dan Pariwisata Hong Kong Kevin Yeung yang menyebut Michelle Yeoh adalah aktris Hong Kong.

“Michelle Yeoh pertama kali mencatatkan namanya di sektor film Hong Kong, kemudian naik ke panggung internasional dengan kemampuan akting dan kerja kerasnya yang luar biasa,” ujar Yeung.

“Kami benar-benar berdaya oleh fakta bahwa para aktor Hong Kong terus bersinar di industri film global,” sambung Yeung.

Pernyataan Yeung itu lantas disambar oleh sejumlah netizen Malaysia dengan kritik pedas, sebagaimana dilansir World of Buzz, Kamis (12/1/2023).

“Dia bahkan tidak punya akal sehat, dia orang Malaysia! Anda bahkan tidak mengerjakan pekerjaan rumah Anda, Anda sia-sia sebagai menteri,” tulis salah satu netizen.

“Dia adalah seorang aktris Malaysia, tidak ada hubungannya dengan Hong Kong, China,” ucap yang lain.

Di satu sisi, kemenangan Michelle Yeoh dalam Golden Globe Awards merupakan momen spesial bagi warga Malaysia.

Bahkan, Kementerian Komunikasi dan Digital Malaysia merayakan kesuksesannya.

“Selamat Tan Sri Michelle Yeoh karena memenangkan Aktris Terbaik di Penghargaan Golden Globe ke-80! Orang Malaysia pertama yang menerima penghargaan bergengsi ini. Tentu suatu kehormatan bagi negara,” ujar Menteri Komunikasi dan Digital Malaysi YB Fahmi Fadzil.

https://www.kompas.com/global/read/2023/01/13/170100370/sebut-michelle-yeoh-aktris-hong-kong-menteri-ini-dikecam-netizen-malaysia

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke