Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Korea Utara Tegas Larang Kedatangan Pelancong dari China karena Covid-19

Penulis: VOA Indonesia/Natalie Liu

PYONGYANG, KOMPAS.com - Korea Utara telah memberlakukan larangan total terhadap pelancong atau pengunjung dari China di tengah kekhawatiran akan gelombang Covid-19 yang kembali melanda "Negeri Tirai Bambu".

“Warga China untuk sementara dilarang masuk (Korea Utara),” demikian pernyataan yang diunggah di situs Badan Imigrasi Nasional Korea China.

Badan Imigrasi menegaskan, semua penumpang yang terlanjur baru tiba dari China, termasuk warga Korea Utara, harus menjalani karantina dan observasi selama 30 hari.

Namun, belum jelas kapan atau berapa lama Korea Utara akan memberlakukan larangan itu.

Beberapa negara telah mengumumkan larangan baru terhadap pelaku perjalanan dari China, sejak Beijing pada minggu ini mengumumkan berakhirnya karantina wajib bagi para pelaku perjalanan yang masuk ke negara tersebut dan mengizinkan warga China untuk melakukan perjalanan ke luar negeri.

Kebijakan tersebut memicu lonjakan jumlah penumpang asal China yang bepergian ke luar negeri.

Pada saat yang sama, pelonggaran lockdown dan kebijakan nol-Covid-19 lainnya memicu kenaikan kasus baru Covid-19 yang pesat di China.

Hal itu pun meningkatkan kekhawatiran munculnya varian-varian baru virus corona penyebab Covid yang lebih berbahaya.

Larangan yang diberlakukan Korea Utara itu bisa dikatakan jauh lebih berani dibandingkan kebijakan serupa yang diambil oleh sejumlah negara lainnya.

Kebanyakan dari negara-negara hanya mengharuskan penumpang asal China untuk menunjukkan bukti negatif hasil tes Covid-19.

"Baru-baru ini, sejumlah negara telah mengadopsi berbagai kebijakan untuk mengontrol area perbatasan mereka untuk mencegah perebakan pneumonia yang disebabkan oleh virus corona," demikian bunyi pengumuman yang dipajang di situs Imigrasi Nasional China

https://www.kompas.com/global/read/2022/12/30/191500870/korea-utara-tegas-larang-kedatangan-pelancong-dari-china-karena-covid-19

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke