Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pele Meninggal, Presiden FIFA Beri Pernyataan Menyentuh

"Untuk semua orang yang menyukai permainan yang indah, ini adalah hari yang tidak pernah kami inginkan," kata Gianni Infantino.

"Ini adalah hari dimana kami kehilangan Pele," tambahnya.

Dilansir dari Sky News, Infantino menyebut Pele satu-satunya pemain yang memenangkan Piala Dunia FIFA tiga kali dan keterampilan serta imajinasinya tidak ada bandingannya.

"Pele melakukan hal-hal yang tidak pernah diimpikan oleh pemain lain, seperti aksi terkenal di semifinal Piala Dunia FIFA 1970 yang kemudian dikenal sebagai Pele run-around. Atau gol yang dia cetak di final Piala Dunia FIFA 1958 saat berusia 17 tahun ketika dia menjentikkan bola melewati bek dan melakukan tendangan ikonik ke gawang," ujarnya.

"Melihat dia meninju udara dalam perayaan adalah salah satu yang paling ikonik dalam olahraga kita, dan terukir dalam sejarah. Faktanya, karena sepak bola televisi masih dalam masa pertumbuhannya pada saat itu, kita hanya melihat sekilas dari apa yang dia lakukan," tambahnya.

Infantino menyebut, perjalanan Pele sebagai raja sepak bola tak mulus. Sepak bola menurutnya amat brutal pada masa itu, dan Pele sering menerima perlakuan kasar.

"Tapi, Pele tahu cara mengatasi itu semua, dia selalu menjadi olahragawan teladan, dengan rasa hormat yang tulus kepada lawan-lawannya," ujarnya.

"Pele memiliki kehadiran yang magnetis dan, ketika Anda bersamanya, seluruh dunia berhenti," tambahnya.

Infantino juga menyebut bahwa dedikasi Pele untuk sepak bola tak diragukan lagi. Konsistensi dan kecintaan Pele pada olahraga yang membesarkan namanya tidak ada duanya.

"Hidupnya lebih dari sekadar sepak bola. Dia mengubah persepsi sepak bola menjadi lebih baik di Brasil, di Amerika Selatan, dan di seluruh dunia," ujarnya.

"Warisannya tidak mungkin diringkas dengan kata-kata," tambahnya.

https://www.kompas.com/global/read/2022/12/30/082900270/pele-meninggal-presiden-fifa-beri-pernyataan-menyentuh

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke