Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

KALEIDOSKOP INTERNASIONAL FEBRUARI 2022: Perang Rusia-Ukraina Dimulai | Bangkok Ganti Nama

KOMPAS.com - Kegentingan perang Rusia-Ukraina yang belum berakhir hingga detik ini berawal pada Februari 2022.

Hal ini tercatat dalam sejarah sebagai serangan terbesar di Eropa setelah Piala Dunia II.

Sanksi beruntun pun diberikan banyak negara kepada Rusia.

Selain kabar itu, Februari 2022 juga mencatat Platinum Jubilee mendiang Ratu Elizabeth II.

Berikut ini adalah rangkuman Kaleidoskop Internasional Februasi 2022 yang dapat Anda simak:

Platinum Jubilee Ratu Elizabeth II

Platinum Jubilee adalah perayaan yang dilakukan untuk menandai pemerintahan mendiang Ratu Elizabeth II yang telah menjadi pemimpin Kerajaan Inggris selama tujuh dekade atau 70 tahun.

Dalam perayaan Platinum Jubilee yang dimulai pada Februari 2022, digelar serangkaian pesta kerajaan, parade, dan arak-arakan selama libur akhir pekan yang diperpanjang selama empat hari.

Royal Jubilees merupakan sejumlah acara yang digelar untuk merayakan periode penting dalam pemerintahan raja.

Sedangkan, Platinum Jubilee adalah sebuah acara jubilee (peringatan) besar keempat untuk Ratu Elizabeth II di usianya yang menginjak 96 tahun.

Pada 9 September 2015, Ratu Elizabeth II telah menjadi ratu yang paling lama menjabat dalam sejarah Kerajaan Inggris, melampaui nenek buyutnya yakni Ratu Victoria.

Dia dikenal sebagai pemimpin Kerajaan Inggris yang paling banyak melawat ke luar negeri. Di wilayah negara persemakmuran Inggris (Commonwealth) saja, Ratu Elizabeth II sudah melakukan lebih dari 150 kunjungan selama pemerintahannya.

Selama masa pemerintahannya, Ratu Elizabeth II telah dilayani oleh 14 Perdana Menteri Inggris, dengan Perdana Menteri pertamanya adalah Winston Churchill.

Rusia serang Ukraina untuk kali pertama

Perang antara Rusia dan Ukraina berkecamuk mulai 24 Februari 2022.

Rusia begitu agresif melakukan serangan militer baik dari darat, udara, maupun laut.

Pada 25 Februari pagi, dua ledakan keras kemudian dilaporkan terdengar di pusat kota Kyiv, Ukraina.

Ledakan tersebut terdengar ketika pasukan Rusia mulai mendekati ibu kota Ukraina.

Rusia disebut menembaki warga sipil Kyiv. Dua serangan mematikan mengarah ke kota Kyiv, namun menurut tentara Ukraina, dapat dihalau oleh sistem pertahanan udara negara yang condong ke Barat itu.

Serangan Rusia yang bertubi-tubi itu terjadi setelah Presiden Vladimir Putin secara resmi mengumumkan perang terhadap Ukraina.

Padahal sebelumnya, Putin berkali-kali membantah akan menyerang Ukraina meski ribuan tentaranya sudah bersiaga di perbatasan Rusia-Ukraina.

Negara-negara memulai sanksi untuk Rusia

Ketika invasi Rusia ke Ukraina berlanjut, para pemimpin di seluruh dunia telah menanggapi dengan sanksi yang melumpuhkan terhadap Moskwa dan Presiden Rusia Vladimir Putin.

Sanksi tersebut berkisar dari larangan perbankan dan investasi hingga pembekuan aset terhadap para pemimpin Rusia, oligarki dan keluarga mereka, serta penolakan akses ke bandara dan wilayah udara.

Akses Rusia ke sistem pembayaran internasional SWIFT, yang dianggap penting oleh banyak pihak bagi perekonomian nasional dan dunia, juga telah dikurangi.

Beberapa negara mendukung tindakan yang belum pernah terjadi sebelumnya ini dilakukan, bahkan untuk menghapus Rusia sama sekali dari SWIFT.

AS bersama sekutu utamanya, memblokir akses bank-bank Rusia tertentu ke SWIFT, pemimpin Uni Eropa berjanji membekukan aset Putin, Inggris mengumumkan paket sanksi 10 poin terhadap Rusia.

Kanada juga menjatuhkan sanksi pembatasan ekspor ke Rusia, dengan cara menghentikan aplikasi izin ekspor baru dan membatalkan izin ekspor yang sah. Jepang mendukung pemutusan beberapa bank Rusia dari jaringan keuangan SWIFT, dan banyak lagi.

Bangkok ganti nama jadi Krung Thep Maha Nakhon, nama resmi ibu kota Thailand

Ibu kota Thailand, Bangkok, berganti nama menjadi Krung Thep Maha Nakhon yang secara harfiah berarti "kota besar para malaikat" pada Februari 2022.

Adapun nama lengkap dari ibu kota Thailand itu adalah Krung Thep Mahanakhon Amon Rattanakosin Mahinthara Ayuthaya Mahadilok Phop Noppharat Ratchathani Burirom Udomratchaniwet Mahasathan Amon Piman Awatan Sathit Sakkathattiya Witsanukam Prasit.

Kebanyakan orang Thailand mempersingkatnya menjadi Krung Thep saja dalam percakapan. 

Pergantian nama ibu kota Thailand dimulai ketika kabinet pada Selasa (15/2/2022) menyetujui proposal Royal Society untuk menyebutnya dari "Krung Thep Maha Nakhon; Bangkok" menjadi "Krung Thep Maha Nakhon (Bangkok)".

Pemimpin ISIS tewas diserang AS, harga kepalanya Rp 143 Miliar

Pemimpin ISIS yang tewas dengan meledakkan diri saat diserang pasukan khusus Amerika Serikat (AS) pada 3 Februari 2022 dijuluki "Destroyer" atau "Penghancur"

Pria bernama Abu Ibrahim Al-Hashimi Al-Qurashi itu juga pernah memimpin pembantaian Yazidi sebelum mengambil alih kepemimpinan.

Qurashi yang juga dikenal sebagai Amir Mohammed Said Abd Al-Rahman Al-Mawla mengambil alih kepemimpinan ISIS dua tahun lalu setelah pendirinya, Abu Bakr Al-Baghdadi, meledakkan diri dalam serangan pasukan khusus AS pada Oktober 2019 .

Paus Benediktus XVI minta maaf

Paus Emeritus Benediktus XVI akhirnya minta maaf atas kasus-kasus pelecehan seksual anak yang terjadi di bawah pengawasannya ketika menjabat sebagai Uskup Agung di Munchen, Jerman.

"Saya hanya bisa mengungkapkan kepada semua korban pelecehan seksual rasa malu saya yang mendalam, kesedihan saya yang mendalam dan dengan tulus memohon pengampunan," tulis Benediktus XVI, yang nama aslinya Joseph Ratzinger, dalam sebuah surat yang dirilis oleh Vatikan pada 8 Februari 2022.

https://www.kompas.com/global/read/2022/12/26/190000870/kaleidoskop-internasional-februari-2022--perang-rusia-ukraina-dimulai

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke