Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Turkiye Diskusi dengan Rusia Bahas Operasi Melawan Milisi Kurdi

Dilansir dari Reuters, Turkiye telah melakukan beberapa serangan ke Suriah utara melawan YPG dan telah mengancam serangan baru selama berbulan-bulan.

Mereka meningkatkan persiapan bulan lalu setelah serangan bom mematikan di Istanbul yang dituding dilakukan oleh militan Kurdi.

Kelompok militan Partai Pekerja Kurdistan (PKK) dan Pasukan Demokratik Suriah (SDF) sekutu AS, yang dipelopori oleh YPG, membantah terlibat dalam pemboman jalan pejalan kaki yang ramai itu.

Turkiye melancarkan serangan udara terhadap sasaran YPG pada November dan Presiden Tayyip Erdogan mengisyaratkan kemungkinan serangan darat.

Berbicara kepada wartawan pada hari Sabtu, Akar mengatakan Ankara sedang dalam pembicaraan dengan Moskwa, yang mendukung pasukan Presiden Suriah Bashar al-Assad, tentang operasi tersebut.

"Kami sedang dalam pembicaraan dan berdiskusi dengan Rusia tentang semua masalah termasuk membuka wilayah udara," katanya.

Turki melihat milisi YPG, kehadiran terdepan di SDF, sebagai sayap PKK Suriah, yang dianggap sebagai organisasi teroris oleh Turkiye, Amerika Serikat, dan Uni Eropa.

Dukungan Washington untuk YPG dalam perang melawan ISIS telah membuat marah Ankara, menyebabkan keretakan besar antara sekutu NATO.

https://www.kompas.com/global/read/2022/12/25/093000270/turkiye-diskusi-dengan-rusia-bahas-operasi-melawan-milisi-kurdi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke