Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Thailand Diguncang Bom, 3 Orang Tewas

BANGKOK, KOMPAS.com – Sebuah bom meledak di pinggir rel kereta api di Thailand selatan, menewaskan sedikitknya tiga orang.

Polisi mengatakan pada Selasa (6/12/2022), empat orang juga terluka akibat ledakan bom di Provinsi Songkhla, dekat perbatasan Malaysia, tersebut.

Mulanya, tujuh pegawai kereta api negara sedang dalam perjalanan untuk memperbaiki bagian rel yang rusak akibat bom sebelumnya pada Sabtu (3/12/2022).

Saat dalam perjalanan, bom tersebut meledak. Bom tersebut disembunyikan sekitar 200 meter dari lokasi ledakan sebelumnya.

“Kami yakin bom itu ada di sana sejak Sabtu,” kata Kolonel Polisi Chartchai Chanasit, sebagaimana dilansir Free Malaysia Today.

Sejak 2004, Thailand selatan yang merupakan wilayah dengan mayoritas muslim dilanda konflik namun dalam level yang cenderung rendah.

Thailand selatan secara budaya berbeda dari wilayah lain yang mayoritas beragama Buddha, yang menguasai wilayah itu lebih dari seabad yang lalu.

Para pemberontak di sana menginginkan otonomi yang lebih besar. AFP melaporkan, total korban tewas sejak konflik dimulai telah mencapai 7.000 jiwa.

Thailand selatan saat ini dijaga dengan ketat oleh pasukan keamanan.

Ledakan pada Selasa terjadi setelah satu orang tewas dan lebih dari 24 orang terluka pada bulan lalu ketika sebuah bom mobil meledak di luar tempat akomodasi polisi.

https://www.kompas.com/global/read/2022/12/07/100800070/thailand-diguncang-bom-3-orang-tewas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke