Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Rangkuman Hari Ke-285 Serangan Rusia ke Ukraina: Rusia Diguncang Ledakan, Ukraina Hadapi Krisis Listrik dan Air

KYIV, KOMPAS.com – Masih ada beberapa hal baru yang mewarnai perang Rusia-Ukraina hari ke-285 pada Senin (5/12/2022).

Ini termasuk, otoritas Ukraina mengeluarkan peringatkan bahwa akan ada pemberlakukan pemadaman listrik darurat di semua wilayah di seluruh negeri karena menghadapi konsekuensi dari gelombang baru serangan Rusia.

Sementara itu, Kementerian Pertahanan Rusia menuding serangan pesawat tak berawak Ukraina telah menyebabkan ledakan di dua lapangan terbang di wilayah Saratov dan Ryazan.

Untuk lebih lengkapnya, berikut rangkuman serangan Rusia ke Ukraian hari ke-285 yang dapat Anda simak:

Pemadaman listrik darurat diberlakukan di semua wilayah

Operator energi Ukraina Ukrenergo pada Senin, memperingatkan bahwa pemadaman listrik darurat akan diterapkan di semua wilayah di seluruh negeri karena menghadapi konsekuensi dari gelombang baru serangan Rusia.

"Karena konsekuensi penembakan, untuk menjaga keseimbangan antara produksi dan konsumsi listrik, pemadaman darurat akan diberlakukan di semua wilayah Ukraina ," kata Ukrenergo di Telegram.

"Sebagai prioritas, listrik akan dipasok ke fasilitas infrastruktur penting," tambah mereka.

Ukrenergo menyebut, situasinya sulit, tapi terkendali setelah pasukan Kyiv mengumumkan mereka menghancurkan lebih dari 60 dari 70 rudal yang diluncurkan oleh Moskwa.

Wilayah Saratov dan Ryazan di Rusia diguncang ledakan

Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan serangan pesawat tak berawak Ukraina menyebabkan ledakan di dua lapangan terbang di wilayah Saratov dan Ryazan pada Senin.

"Pada Senin pagi rezim Kyiv berusaha menyerang lapangan udara Dyagilevo di wilayah Ryazan, dan lapangan udara Engels di wilayah Saratov, dengan drone buatan Soviet," kata Kementerian tersebut dalam sebuah pernyataan,

Kementerian Pertahanan Rusia menambahkan bahwa tiga tentara telah tewas.

Putin diberi laporan tentang insiden lapangan terbang

Presiden Rusia Vladimir Putin pada Senin diberi pengarahan tentang insiden di lapangan terbang di wilayah pusat Saratov dan Ryazan, kata Kremlin.

Laporan berita mengatakan dua lapangan udara Rusia termasuk pangkalan untuk pesawat strategis negara yang menurut Kyiv telah digunakan untuk menyerang Ukraina, telah diguncang oleh ledakan.

Laporan tersebut memicu spekulasi bahwa Ukraina mungkin berada di balik ledakan tersebut. Kedua situs berjarak ratusan kilometer dari perbatasan Ukraina.

Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov mengatakan Putin telah diberi pengarahan.

"Tentu saja," katanya kepada wartawan.

“Dari semua dinas terkait, presiden secara rutin menerima informasi tentang segala sesuatu yang terjadi,” tambahnya, menolak memberikan rincian lebih lanjut.

Kepala HAM PBB memindahkan pertemuan ke bawah tanah saat sirene berbunyi di Kyiv

Kepala Hak Asasi Manusia PBB mengatakan pada Senin, bahwa dia telah bertemu dengan para aktivis di tempat penampungan bawah tanah di Kyiv saat rudal menghujani.

Dia menyerukan diakhirinya perang yang "tidak masuk akal".

Volker Turk, yang menjabat sebagai Komisaris Tinggi PBB untuk Hak Asasi Manusia pada Oktober 2022, tiba pada Minggu (4/12/2022) untuk kunjungan empat hari ke Ukraina.

Dia telah dijadwalkan untuk bertemu dengan sejumlah pembela HAM di ibu kota Ukraina pada hari Senin, tetapi kemudian sirene udara berbunyi dan mereka harus pindah ke tempat penampungan bawah tanah.

Zelensky mengatakan Ukraina menembak jatuh 'sebagian besar' rudal Rusia

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan pada Senin bahwa militer negaranya telah menembak jatuh mayoritas rudal Rusia yang ditembakkan pada hari sebelumnya menuju target infrastruktur kritis.

“Pasukan pertahanan udara menembak jatuh sebagian besar rudal. Insinyur sudah mulai memulihkan listrik. Orang-orang kami tidak pernah menyerah,” kata Zelensky dalam pernyataan video di media sosial.

Putin mengunjungi jembatan Crimea setelah ledakan Oktober

Presiden Vladimir Putin pada Senin mengunjungi sebuah jembatan yang menghubungkan Crimea yang dicaplok Moskwa ke daratan Rusia beberapa minggu setelah jembatan vital itu terkena ledakan.

Itu adalah yang terdekat pemimpin Rusia berusia 70 tahun itu datang ke garis depan di Ukraina, setelah mengirim pasukan ke negara pro-Barat pada 24 Februari.

Putin mengendarai sebuah Mercedes melintasi jembatan saat Rusia membukanya kembali untuk lalu lintas menyusul ledakan pada Oktober yang dituduhkan Moskwa dilakukan oleh Ukraina.

Kepala Kremlin juga mendengar laporan dari Wakil Perdana Menteri Marat Khusnullin tentang perbaikan jembatan dan berbicara dengan pekerja konstruksi.

Pada Oktober, jembatan Kerch sebagian hancur dalam serangan yang dikaitkan dengan Ukraina oleh Moskwa.

Dua tewas dalam serangan rudal di Ukraina selatan 

Pejabat Ukraina di wilayah selatan Zaporizhzhia mengatakan pada Senin bahwa dua orang telah tewas oleh rudal Rusia karena pihak berwenang di beberapa wilayah mendesak warga untuk berlindung dari rentetan rudal baru Rusia.

Hampir setengah dari jaringan energi Ukraina telah dihancurkan oleh serangan rudal Rusia baru-baru ini dan Kyiv pekan lalu telah memperingatkan gelombang serangan baru.

"Akibat serangan rudal musuh di desa Novosofiivka di distrik Zaporizhzhia, beberapa rumah pribadi rusak. Awalnya, dua orang tewas," kata kepala wilayah Zaporizhzhia Oleksandr Starukh.

Pemadaman air terjadi di beberapa kota Ukraina karena serangan Rusia

Rentetan baru serangan Rusia pada Senin menyebabkan beberapa kota Ukraina tanpa listrik, termasuk kota timur Sumy dan kota selatan Mykolaiv.

Di Odessa, operator layanan air mengatakan tidak ada pasokan air di mana pun.

Sementara pejabat di pusat kota Kryvyi Rig mengatakan beberapa bagian kota terputus dari listrik.

Mereka menyebut, beberapa stasiun ketel dan pompa juga terputus.

Rusia mengatakan batas harga minyak tidak akan pengaruhi  serangan ke Ukraina

Kremlin mengatakan pada Senin bahwa batas harga ekspor minyak Rusia yang disetujui oleh Uni Eropa, G7, dan Australia tidak akan memengaruhi kampanye militer Moskwa di Ukraina .

Batasan harga 60 dollar AS per barel bertujuan untuk membatasi pendapatan Rusia sambil memastikan Moskow terus memasok pasar global.

"Ekonomi Federasi Rusia memiliki semua potensi yang diperlukan untuk sepenuhnya memenuhi kebutuhan dan persyaratan operasi militer khusus," kata juru bicara Kremlin Dmitry Peskov kepada wartawan.

"Langkah-langkah ini tidak akan mempengaruhi ini," katanya, sebagaimana dikutip dari Kantor berita AFP.

https://www.kompas.com/global/read/2022/12/06/070000270/rangkuman-hari-ke-285-serangan-rusia-ke-ukraina--rusia-diguncang-ledakan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke