Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

[POPULER GLOBAL] Warga Iran Ditembak karena Piala Dunia | Penumpang Gelap Kapal Tanker Dipulangkan

KOMPAS.com – Berita tentang seorang warga Iran ditembak mati oleh pasukan keamanan setelah merayakan kekalahan tim nasionalnya dari AS di Piala Dunia 2022 memuncaki daftar Populer Global kali ini.

Di bawahnya, ada berita terkait nasib tiga penumpang gelap yang bertahan 11 hari di daun kemudi kapal tanker dari Nigeria ke Spanyol akan dipulangkan ke negara asalnya.

Berita di kanal Global Kompas.com yang paling banyak dibaca selanjutnya, yakni mengenai Elon Musk yang diajak CEO Apple berkeliling kantornya.

Untuk lebih lengkapnya, berikut rangkuman daftar Populer Global edisi Kamis (1/12/2022) hingga Jumat (2/12/2022) pagi yang dapat Anda simak:

1. Warga Iran Ditembak Mati Aparat Saat Rayakan Kekalahan dari AS di Piala Dunia Qatar

Seorang warga Iran ditembak mati oleh pasukan keamanan setelah merayakan kekalahan tim nasionalnya dari Amerika Serikat (AS) di Piala Dunia.

Iran tersingkir dari Piala Dunia Qatar oleh AS, yang juga musuh bebuyutannya, pada Selasa (29/11/2022) malam.

Kekalahan tersebut menimbulkan tanggapan beragam dari pendukung pro dan anti-rezim.

Baca selengkapnya di sini

2. Tiga Penumpang Gelap Bertahan 11 Hari di Daun Kemudi Kapal Tanker Bakal Dipulangkan

Tiga penumpang gelap yang diselamatkan di Kepulauan Canary, Spanyol setelah melakukan perjalanan selama 11 hari dengan kapal tanker dari Nigeria, bakal dipulangkan ke negara asalnya.

Sebuah foto yang dibagikan di Twitter oleh penjara pantai Spanyol menunjukkan ketiganya terlihat duduk di daun kemudi di luar buritan kapal tanker minyak dan kaki mereka menjuntai ke bawah hanya beberapa meter di atas permukaan air.

Mereka telah dibawa ke rumah sakit di pulau Gran Canaria karena mengalami dehidrasi sedang dan ada gejala hipotermia.

Baca selengkapnya di sini

3. Rangkuman Hari Ke-280 Serangan Rusia ke Ukraina, Titik Distribusi Gas Zaporizhzhia Diserang, Rusia Bersiap Perkuat Nuklirnya

Ukraina mengklaim 500 tentara Rusia lainnya terbunuh dalam 24 jam terakhir, sehingga total yang dikatakan telah tewas dalam pertempuran sejak 24 Februari menjadi sekitar 88.880 pada hari ke-280 serangan Rusia ke Ukraina.

Staf umum angkatan bersenjata Ukraina mengatakan telah melumpuhkan tiga tank lagi, dan enam pengangkut personel lapis baja lainnya.

Tiga drone pengintai Rusia juga telah dijatuhkan dalam 24 jam terakhir, menurut angkatan bersenjatanya sebagaimana dilansir Guardian pada Rabu (30/11/2022).

Dalam buletin pagi dari Ukraina, Juru Bicara Staf Umum Angkatan Bersenjata Ukraina Alexander Stupun mengatakan Ukraina menjadi sasaran sejumlah serangan rudal dari pesawat dan artileri, termasuk di Kivsharivka di Kharkiv dan Sloviansk di Donetsk.

Baca selengkapnya di sini

4. Sempat Bersitegang, Elon Musk Diajak CEO Apple Keliling Kantornya

Elon Musk pada hari Rabu (30/11/2022) mengatakan dia telah bertemu dengan CEO Apple Tim Cook.

Ini terjadi hanya dua hari setelah Musk mengeklaim perusahaan teknologi itu mengancam akan menarik Twitter dari toko aplikasinya.

Dalam tweet sore hari, Musk berterima kasih kepada Cook karena telah membawanya berkeliling ke kantor pusat Apple di Cupertino, California.

Baca selengkapnya di sini

5. Terungkap, Pemimpin ISIS Ledakkan Diri saat Dikepung Milisi Suriah

Pemimpin ISIS Abu al-Hassan al-Hashemi al-Quraishi yang terbunuh pada pertengahan Oktober di Suriah meledakkan dirinya setelah dia dan para pengawalnya dikepung oleh milisi lokal di Kota Jasem.

Hal tersebut diungkapkan oleh beberapa milisi yang terlibat dalam persitiwa tersebut.

Pada Rabu (30/11/2022), militer AS mengatakan bahwa Quraishi tewas dalam operasi yang dilakukan oleh pasukan pemberontak dari Tentara Pembebasan Suriah (FSA) di Provinsi Deraa di Suriah selatan.

Baca selengkapnya di sini

https://www.kompas.com/global/read/2022/12/02/052900670/-populer-global-warga-iran-ditembak-karena-piala-dunia-penumpang-gelap

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke