Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ibu Baptis Pangeran William Mundur dari Tugas Istana Usai Cecar Orang Kulit Hitam Inggris dengan Pertanyaan Menyinggung Rasial

Lady Susan Hussey (83 tahun) mengundurkan diri dari posisinya setelah berulang kali mengajukan pertanyaan ofensif kepada Ngozi Fulani, kepala eksekutif badan amal Sistah Space, selama agenda pertemuan di istana Inggris pada Selasa (29/11/2022).

Juru bicara Pangeran Wales mengaku "sangat kecewa" mendengar apa yang telah terjadi.

"Jelas, saya tidak ada di sana, tetapi rasialisme tidak memiliki tempat di masyarakat kita. Komentar itu tidak dapat diterima, dan benar bahwa individu tersebut telah menyingkir dengan segera," kata juru bicara Istana Kensington sebagaimana dilansir Sky News pada Kamis (1/12/2022).

Fulani bekerja sebagai advokat bagi para penyintas kekerasan dalam rumah tangga dan menggambarkan percakapan itu sebagai "pelanggaran."

Menulis di Twitter, dia mengatakan Lady Hussey yang disebutnya 'Lady SH', "mendekati saya, menyeka rambut saya untuk melihat lencana nama saya" dan kemudian bersikeras bertanya kepadanya "dari bagian Afrika mana Anda berasal".

Meskipun Fulani mengatakan dia adalah orang Inggris, bangsawan Kerajaan Inggris itu berkata: "Saya tahu saya akan mendapat perlawanan untuk membuat Anda mengatakan dari mana Anda berasal."

Percakapan itu terjadi setelah Meghan, Duchess of Sussex, mengklaim tahun lalu bahwa seorang anggota keluarga kerajaan Inggris mengemukakan kekhawatiran tentang warna kulit apa yang akan dimiliki putranya Archie sebelum dia lahir.

Berkomentar tentang peristiwa Selasa (29/11/2022) Istana Buckingham mengatakan: "Kami menangani insiden ini dengan sangat serius dan segera melakukan penyelidikan untuk mendapat rincian lengkapnya."

"Dalam hal ini, komentar yang tidak dapat diterima dan sangat disesalkan telah dibuat. Kami telah menghubungi Ngozi Fulani mengenai masalah ini, dan mengundangnya untuk mendiskusikan semua elemen pengalamannya secara langsung jika dia mau.”

Ibu baptis Pangeran William juga dikatakan menyampaikan permintaan maafnya yang mendalam atas luka yang ditimbulkan, dan menyatakan segera menyingkir dari peran kehormatannya.

Lebih lanjut dalam pernyataan itu dikatakan bahwa “semua anggota keluarga Kerajaan Inggris diingatkan tentang kebijakan keragaman dan inklusivitas yang harus mereka junjung tinggi setiap saat."

Dalam sebuah wawancara dengan LBC, Fulani mengatakan tidak ada seorang pun dari Kerajaan Inggris yang berbicara kepadanya.

Ditanya soal pengunduran diri Lady Hussey, wanita itu mengaku masalahnya belum terselesaikan.

Dia menilai, para bangsawan perlu Inggris perlu "bertindak" dan mengakui bahwa "rasisme institusional masih menjadi bagian dari budaya" di negara itu.

SH: "Dari mana asalmu?"
Fulani: "(Badan amal) Sistah Space."

SH : “Tidak dari mana asalmu?
Fulani: "Kami berbasis di Hackney."

SH: "Tidak, Anda berasal dari Afrika bagian mana?"
Fulani: "Saya tidak tahu, mereka tidak meninggalkan catatan apapun."

SH: "Nah, Anda pasti tahu dari mana Anda berasal, saya menghabiskan waktu di Perancis. Dari mana asal Anda?"
Fulani: "Dari sini, Inggris"

SH: "Tidak, tetapi Anda berkewarganegaraan apa?"
Fulani: "Saya lahir di sini dan orang Inggris."

SH: “Bukan, dari mana sebenarnya Anda berasal, dari mana orang-orang Anda berasal?”
Fulani: "'Orang-orangku', apa yang Anda maksud?"

SH: "Oh, saya mengerti saya akan mendapat masalah untuk membuat Anda mengatakan dari mana Anda berasal. Kapan Anda pertama kali datang ke sini?"
Fulani: "Nyonya! Saya warga negara Inggris, orang tua saya datang ke sini di tahun 50-an ketika..."

SH: "Oh, saya tahu kita akan sampai di sana pada akhirnya, Anda orang Karibia!"
Fulani: "Tidak nona, saya keturunan Afrika, keturunan Karibia dan berkebangsaan Inggris."

https://www.kompas.com/global/read/2022/12/01/203200470/ibu-baptis-pangeran-william-mundur-dari-tugas-istana-usai-cecar-orang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke