Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jalanan Beijing Kosong Saat Kasus Covid China Melonjak Tinggi Lagi

BEIJING, KOMPAS.com - Jalan-jalan kota Beijing kosong pada Jumat (25/11/2022), sewaktu China kembali mencatat rekor tertinggi kasus harian Covid-19.

Ada lebih dari 32.000 kasus lokal baru pada hari Kamis (24/11/2022), mengalahkan rekor terdahulu yang dicatat sehari sebelumnya.

Pihak berwenang di ibu kota China telah memberlakukan lockdown terhadap kawasan-kawasan permukiman, serta menutup toko-toko dan bisnis.

Pembatasan serupa telah diberlakukan di kota-kota lain di berbagai penjuru China, memupus harapan para investor bahwa negara itu akan segera melonggarkan kebijakan nol-Covid-nya yang kaku.

Lembaga itu mengatakan, langkah-langkah yang diusulkan, yang mencakup dipersingkatnya masa karantina dan lebih banyak lagi langkah terarah, telah meningkatkan harapan bagi lebih banyak lagi perdagangan bilateral serta pertukaran ekonomi.

Sebagian warga setempat termasuk yang juga merasa semakin frustrasi.

  • Beijing Hadapi Ujian Paling Parah Hadapi Pandemi Covid-19
  • Lagi, China Laporkan Rekor Baru Kasus Covid-19 Harian
  • Beijing Hadapi Situasi Covid-19 Terparah sejak Dimulainya Pandemi, Laporkan Kematian Pertama dalam 6 Bulan

“Kami hanya berharap ini akan semakin baik, kalau tidak, jangan berbincang tentang kehidupan orang lain. Orang-orang bahkan tidak dapat mencari nafkah sekarang ini."

"(Langkah) ini tidak efektif. Ini benar-benar melibatkan kepentingan semua orang. Jika ini berlanjut, mungkin akan ada masalah akses ke makanan, dan ini bakal serius,” kata seorang warga.

Di tempat lain di China, pada pabrik iPhone terbesar di dunia yang berlokasi di Zhengzhou, lebih dari 20.000 karyawan baru telah keluar setelah terjadi kerusuhan terkait dengan Covid pekan ini.

Kepergian mereka akan merumitkan target awal perusahaan itu untuk memulai produksi penuh pada akhir November, sehingga memicu kekhawatiran mengenai kemampuan Apple untuk mengirimkan produknya selama musim liburan akhir tahun yang sibuk.

Artikel ini pernah dimuat di VOA Indonesia dengan judul Jalan-Jalan di Beijing Kosong Sementara Kasus COVID Catat Rekor.

https://www.kompas.com/global/read/2022/11/26/210600670/jalanan-beijing-kosong-saat-kasus-covid-china-melonjak-tinggi-lagi

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke