Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

PLTN Zaporizhzhia Ukraina Ditembaki, PBB Beri Peringatan

Hal ini menuai kecaman dari kepala pengawas nuklir PBB yang mengatakan serangan semacam itu berisiko menimbulkan bencana nuklir besar.

Dilansir dari Reuters, penembakan yang berulang kali terjadi di pabrik di Ukraina selatan telah menimbulkan kekhawatiran tentang potensi kecelakaan parah.

Lokasi penembakan hanya 500 km (300 mil) dari lokasi kecelakaan nuklir terburuk di dunia, bencana Chornobyl tahun 1986.

Lebih dari selusin ledakan mengguncang pabrik Zaporizhzhia, yang diambil alih Rusia tak lama setelah invasi Februari ke Ukraina, pada Sabtu malam dan Minggu, kata Badan Energi Atom Internasional (IAEA).

Tim IAEA di lapangan mengatakan telah terjadi kerusakan pada beberapa bangunan, sistem dan peralatan di pembangkit listrik tenaga nuklir terbesar di Eropa itu.

Tim IAEA dapat melihat beberapa ledakan dari jendela mereka.

"Berita dari tim kami kemarin dan pagi ini sangat mengganggu," kata kepala pengawas nuklir PBB Rafael Grossi dalam sebuah pernyataan.

"Ledakan terjadi di lokasi pembangkit listrik tenaga nuklir besar ini, yang benar-benar tidak dapat diterima. Siapa pun di belakang ini, harus segera dihentikan. Seperti yang telah saya katakan berkali-kali sebelumnya, Anda bermain api!" tambahnya.

Pembangkit listrik tenaga nuklir Zaporizhzhia memiliki enam reaktor VVER-1000 V-320 berpendingin air dan moderasi air rancangan Soviet yang mengandung Uranium 235, yang memiliki waktu paruh lebih dari 700 juta tahun.

Reaktor dimatikan tetapi ada risiko bahan bakar nuklir bisa menjadi terlalu panas jika daya yang menggerakkan sistem pendingin diputus. Penembakan telah berulang kali memutus kabel listrik.

Kementerian pertahanan Rusia mengatakan bahwa Ukraina menembakkan peluru ke saluran listrik yang memasok pembangkit listrik tersebut.

Sementara TASS melaporkan beberapa fasilitas penyimpanan di lokasi itu telah terkena, mengutip seorang pejabat dari operator tenaga nuklir Rusia Rosenergoatom.

https://www.kompas.com/global/read/2022/11/20/205315470/pltn-zaporizhzhia-ukraina-ditembaki-pbb-beri-peringatan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke