Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Polisi yang Diselidiki atas Tragedi Itaewon Ditemukan Tewas

Tragedi Halloween Itaewon menewaskan lebih dari 150 orang saat pesta Halloween di Seoul, ibu kota Korea Selatan, 29 Oktober 2022.

Polisi berusia 55 tahun tersebut hanya diidentifikasi dengan nama keluarganya yaitu Jeong. Dia ditemukan tewas di rumahnya di Seoul, kata petugas di Badan Kepolisian Nasional kepada kantor berita AFP.

Jeong merupakan intel di kantor polisi yang mengawasi distrik Itaewon. Kantor Polisi Yongsan tempatnya bekerja merupakan salah satu target penyelidikan besar atas tragedi Halloween Itaewon, termasuk upaya pengendalian massa yang gagal.

Penyidik sebelumnya sudah menggerebek kantor polisi tersebut.

Transkrip panggilan darurat yang dirilis awal bulan ini oleh polisi menunjukkan, hotline Kantor Polisi Yongsan menerima 11 laporan kerumunan berbahaya hampir empat jam sebelum tragedi Itaewon, tetapi tampaknya gagal mengambil tindakan.

Sebanyak 156 orang yang tewas dalam tragedi Halloween Korea sebagian besar adalah wanita muda, termasuk beberapa remaja dan lebih dari 20 warga asing.

Setidaknya 100.000 orang berbondong-bondong ke Itaewon untuk merayakan Halloween pertama pasca-pandemi, tetapi baik pemerintah setempat maupun polisi tidak merencanakan tindakan untuk kerumunan sebesar itu.

  • Cerita Polisi di Tragedi Itaewon: Tak Ada Pengendalian Massa, Inisiatif Sendiri Bantu Korban
  • Kepedihan Pemuda yang Selamat dari Tragedi Halloween Itaewon: Lima Pergi, Hanya Dua yang Kembali
  • Kepala Kepolisian Korsel Membungkuk Minta Maaf, Mengaku Bertanggung Jawab atas Tragedi Halloween Itaewon

Sejumlah pejabat tinggi termasuk kepala polisi, Wali Kota Seoul, dan Menteri Dalam Negeri mengeluarkan permintaan maaf publik pekan lalu, mengakui bahwa mereka gagal mencegah bencana fatal itu.

Adapun Jeong dituduh memerintahkan penghancuran laporan intel--yang memperingatkan potensi kecelakaan selama Halloween di Itaewon--selain pelanggaran lainnya, lapor kantor berita Yonhap.

Ribuan orang berkumpul di Seoul untuk menyalakan lilin akhir pekan lalu guna mengenang para korban. Kemarahan publik juga tumbuh atas penanganan pemerintah terhadap tragedi Itaewon.

https://www.kompas.com/global/read/2022/11/11/160100170/polisi-yang-diselidiki-atas-tragedi-itaewon-ditemukan-tewas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke