Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

[POPULER GLOBAL] Penyebab Gagalnya Rudal "Balasan" Korsel untuk Korut | Doa Raja Arab Saudi untuk Korban Tragedi Kanjuruhan

KOMPAS.com - Gagalnya rudal “balasan” yang diluncurkan Korea Selatan pada Rabu (5/10/2022), sebagai tanggapan atas provokasi sebelumnya dari Korea Utara, menjadi sorotan pembaca berita internasional di Kompas.com kemarin.

Insiden itu terjadi selama latihan tembak-menembak dengan Amerika Serikat, dengan ledakan dan kebakaran yang ditimbulkan sempat membuat panik dan membingungkan penduduk kota pesisir “Negeri Gingseng.”

Selain itu, ungkapan belasungkawa kembali disampaikan pejabat dunia bagi Indonesia atas tewasnya 131 orang dalam Tragedi Kanjuruhan pada Sabtu (1/10/2022).

Terbaru, doa dan keprihatinan disampaikan Raja Arab Saudi Salman dan Putra Mahkota Mohammed bin Salman (Mbs).

Berikut rangkuman berita populer global lainnya dari Kompas.com edisi Rabu (5/10/2022) hingga Kamis (6/10/2022).

1. Penyebab Rudal "Pembalasan" Korsel untuk Korut Gagal

Sebuah rudal balistik Korea Selatan yang tidak berfungsi meledak saat menabrak tanah pada Rabu (5/10/2022). Hal ini terjadi selama latihan tembak-menembak dengan Amerika Serikat.

Dilansir AP, rudal Korsel itu merupakan pembalasan atas keberhasilan peluncuran Korea Utara sehari sebelumnya di atas Jepang.

Rudal Korut disebut memiliki jangkauan untuk menyerang wilayah AS, Guam.

Ledakan dan kebakaran berikutnya membuat panik dan membingungkan penduduk kota pesisir Gangneung, yang sudah gelisah atas uji coba senjata yang semakin provokatif oleh Korea Utara. Baca selengkapnya di sini.

2. Doa Raja Salman dan Putra Mahkota MbS untuk Korban Tragedi Kanjuruhan…

Raja Arab Saudi Salman dan Putra Mahkota Mohammed bin Salman (Mbs) menyampaikan belasungkawa kepada Presiden Indonesia Joko Widodo atau Jokowi setelah 131 orang tewas dalam kerusuhan di Stadion Kanjuruhan, Malang.

Tragedi Kanjuruhan pada Sabtu (1/10/2022) malam menyebabkan total 131 orang tewas dan lebih dari 300 lainnya terluka setelah petugas menembakkan gas air mata di stadion yang penuh sesak.

“Kami telah mengetahui berita tentang korban kerusuhan yang terjadi selama pertandingan sepak bola dan mengakibatkan kematian dan cedera,” kata Raja Salman, dilansir dari Arab News.

Raja Salman turut mendoakan korban tragedi Kanjuruhan, baca selengkapnya di sini.

3. Korea Selatan dan AS Luncurkan 4 Rudal Setelah Uji Coba Korea Utara

Korea Selatan dan Amerika Serikat menembakkan empat rudal darat-ke-darat atau ground-to-ground missile (GGM) ke Laut Timur, yang lebih dikenal sebagai Laut Jepang.

Hal ini dilaporkan oleh Kantor berita Yonhap pada Rabu (5/10/2022), mengutip pernyataan dari Militer Korea Selatan.

Militer Korea Selatan mengungkap peluncuran rudal ini menjadi tanggapan atas penembakan rudal balistik Korea Utara di atas Jepang untuk pertama kalinya dalam lima tahun pada hari Selasa (4/10/2022). Baca selengkapnya di sini.

4. Pesan iPhone 13 Pro Max Rp17,3 Juta via Online, Perempuan Ini Cuma Dapat Wadahnya

Belum lama ini seorang perempuan di Singapura membagikan cerita kurang mengenakan ketika membeli iPhone 13 Pro Max lewat aplikasi belanja online pada Minggu (25/9/2022).

Menurutnya, barang pesanan yang dia terima dua hari kemudian ternyata cuma wadahnya alias kardus kosong. Perangkat pelengkap handphone juga tidak tersedia di dalam kotak.

Dia kemudian membagikan pengalamannya ke Facebook pada Kamis (29/9/2022) untuk mengeluh tentang apa yang terjadi, baca selengkapnya di sini.

5. Putin Resmi Caplok 15 Persen Wilayah Ukraina, 22 Persen Ditambah Crimea

Presiden Vladimir Putin menyelesaikan pencaplokan resmi lebih dari 15 persen Ukraina pada Rabu (5/10/2022) tepat ketika pasukan Rusia berjuang untuk menghentikan serangan balasan Ukraina di sebagian besar wilayah itu.

Dilansir Channel News Asia, dalam perluasan terbesar wilayah Rusia dalam setidaknya setengah abad, Putin menandatangani undang-undang yang mengakui Republik Rakyat Donetsk (DPR), Republik Rakyat Luhansk (LNR), wilayah Kherson dan wilayah Zaporizhzhia ke Rusia.

"Presiden Vladimir Putin telah menandatangani empat undang-undang konstitusional federal tentang masuknya Republik Rakyat Donetsk dan Luhansk, Zaporizhzhia dan Kherson ke dalam Federasi Rusia," kata majelis rendah parlemen.

Baca selengkapnya di sini.

 

https://www.kompas.com/global/read/2022/10/06/054601170/populer-global-penyebab-gagalnya-rudal-balasan-korsel-untuk-korut-doa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke