Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

SIM Bangsawan Panitia Pemakaman Ratu Elizabeth II Dicabut karena Langgar Lampu Merah

SIM-nya dicabut pada Senin (26/9/2022) meskipun dia berargumen butuh berkendara dengan mobilnya untuk mengatur penobatan Raja Charles III.

Lisensi mengemudi Edward Fitzalan-Howard dicabut selama enam bulan setelah mengaku bersalah di pengadilan London, karena menggunakan ponsel saat berkendara dan menerobos lampu merah saat mengendarai BMW-nya pada 7 April.

Duke berpangkat tertinggi di Inggris yang juga memegang gelar Earl Marshal itu sebelumnya melakukan dua pelanggaran kecepatan pada 2019.

Natasha Dardashti, pengacara Duke berusia 65 tahun tersebut, meminta hakim tidak mencabut SIM kliennya karena akan bertugas mengatur penobatan Raja Charles III tahun depan.

"Ini adalah situasi yang sangat aneh, di mana Yang Mulia, Duke of Norfolk ... sekarang menjadi orang di negara yang bertanggung jawab atas penobatan Yang Mulia Raja Charles III," katanya dikutip dari kantor berita AFP.

Pengacara kemudian mengajukan sidang tertutup untuk mendengar rincian argumen karena potensi masalah keamanan nasional.

"Mengingat ini adalah situasi yang aneh, dan Yang Mulia berperan sangat, sangat khusus dan penting dalam penobatan nasional raja baru ini, saya akan meminta pengadilan duduk di depan kamera," kata Dardashti.

  • Pemakaman Shinzo Abe Lebih Mahal daripada Ratu Elizabeth II
  • Menengok Tempat Peristirahatan Terakhir Ratu Elizabeth II
  • Jadi Pergunjingan di AS, Kenapa Biden Duduk Jauh di Belakang Saat Pemakaman Ratu Elizabeth?

Namun, majelis hakim menolak permohonan bahwa Edward Fitzalan-Howard akan mengalami kesulitan yang luar biasa jika dilarang berkendara.

"Kami menerima bahwa ini adalah kasus yang unik karena peran terdakwa dalam masyarakat dan khususnya dalam kaitannya dengan penobatan raja," kata ketua pengadilan, Judith Wray.

"Kesulitan harus luar biasa dan meskipun kami menemukan ketidaknyamanan mungkin terjadi, kami tidak menemukan kesulitan yang luar biasa."

Fitzalan-Howard bertanggung jawab mengurusi 2.000 orang, termasuk para pemimpin dunia dan bangsawan asing, di Westminster Abbey, London, saat pemakaman Ratu Elizabeth II. Ia sudah berpengalaman selama 20 tahun.

https://www.kompas.com/global/read/2022/10/01/183100570/sim-bangsawan-panitia-pemakaman-ratu-elizabeth-ii-dicabut-karena-langgar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke