Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Satu Titik Kebocoran Pipa Gas Nord Stream 2 Berkurang Ukurannya di Swedia

Kebocoran yang terletak di atas Nord Stream 2 "telah berkurang, tetapi masih berlangsung," kata Penjaga Pantai Swedia pada Jumat pagi dikutip dari kantor berita AFP.

Semua kebocoran di Nord Stream, yang menurut beberapa negara disebabkan oleh dugaan sabotase saat ledakan bawah laut terekam pada Senin (26/9/2022), berada di Laut Baltik di lepas pulau Bornholm, Denmark.

Sebanyak dua dari kebocoran tersebut terletak di zona ekonomi eksklusif Swedia, dan dua lainnya berada di zona Denmark.

Kebocoran lain di sisi Swedia, yang lebih besar dan terletak di atas Nord Stream 1, tidak menunjukkan tanda-tanda melemah, menurut penjaga pantai.

Saat ditanya oleh AFP tentang perkembangan kebocoran di pihak Denmark, polisi Denmark menolak berkomentar.

Kopenhagen pada Rabu (28/9/2022) memperkirakan, lebih dari setengah gas di dua pipa--yang tidak beroperasi tetapi masih berisi gas--bisa lolos dan pipa-pipa itu diperkirakan kosong pada Minggu (2/10/2022).

  • Inspirasi Energi: Mengenal Nord Stream, Proyek Raksasa yang Mengirim Gas ke Eropa
  • Inspirasi Energi: Mengenal Nord Stream 2 dan Kontroversinya

Menurut simulasi yang dirilis pada Jumat (30/9/2022) oleh lembaga penelitian Norwegia NILU, metana yang dilepaskan terbawa angin di beberapa wilayah Swedia dan Norwegia sejak Senin (26/9/2022), bahkan mencapai Inggris.

Menurut perkiraannya, hampir 80.000 ton metana keluar dari pipa gas Nord Stream yang rusak.

Lepasnya metana tidak berbahaya bagi kesehatan penduduk setempat, tetapi pihak berwenang dan kelompok lingkungan khawatir tentang dampak iklimnya.

Jalur pipa Nord Stream 1 dan 2, yang menghubungkan Rusia ke Jerman, menjadi pusat ketegangan geopolitik setelah Rusia memotong pasokan gas ke Eropa sebagai pembalasan terhadap sanksi Barat atas invasi Moskwa ke Ukraina.

 

https://www.kompas.com/global/read/2022/10/01/125100470/satu-titik-kebocoran-pipa-gas-nord-stream-2-berkurang-ukurannya-di-swedia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke