Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Demo Mahsa Amini Meluas ke London dan Paris, Massa Bentrok dengan Polisi

Polisi bentrok dengan demonstran yang berusaha mencapai Kedutaan Besar Iran di London dan Paris pada Minggu (25/9/2022).

Polisi Perancis menggunakan gas air mata dan taktik anti-huru hara untuk mencegah ratusan pedemo di ibu kota bergerak Kedubes Iran, kata wartawan AFP dan sejumlah saksi mata.

Unjuk rasa dimulai dengan damai di Trocadero Square di pusat ibu kota Perancis. Beberapa pengunjuk rasa meneriakkan slogan-slogan menentang pemimpin tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei.

Para pengunjuk rasa di Paris berkumpul untuk hari kedua berturut-turut guna menunjukkan kemarahan atas kematian Mahsa Amini yang tewas setelah ditangkap polisi moral Iran.

Mereka juga menunjukkan solidaritas dengan demo Iran, yang menewaskan setidaknya 41 nyawa.

Polisi Paris mengatakan, sekitar 4.000 orang berkumpul untuk demonstrasi. Satu orang ditangkap karena marah dan memberontak, sedangkan satu petugas terluka ringan.

Sementara itu di London, polisi melakukan 12 penangkapan dan lima petugas terluka serius ketika para demonstran mencoba menerobos penghalang yang melindungi kedutaan besar Iran di Inggris.

  • Pengakuan Keluarga Mahsa Amini: Dia Disiksa dan Dihina Sebelum Meninggal
  • Ayah Mahsa Amini Sebut Pihak Berwenang Iran Bohong Terkait Kematian Putrinya
  • Demo Kematian Mahsa Amini di Iran Disebut Tewaskan 50 Orang

Demo Iran pecah di 80 kota

Di Iran sendiri, aksi unjuk rasa sudah menyebar ke lebih dari 80 kota dan didominasi partisipan perempuan yang melambaikan dan membakar jilbab, hingga memotong rambut mereka di depan umum.

Pada Kamis (22/9/2022) pengunjuk rasa di Teheran dan beberapa kota Kurdi bahkan membakar kantor dan kendaraan polisi.

"Setelah melihat eksploitasi beberapa peristiwa yang baru-baru ini (unjuk rasa) oleh kelompok oposisi, keterlibatan dalam perkumpulan ilegal ... (perilaku demikian) bisa berujung pada tuntutan yudisial," bunyi pernyataan dalam situs yang mengutip menteri.

Mahsa Amini yang berusia 22 tahun mengalami koma ketika ditahan polisi sebelum akhirnya meninggal di rumah sakit.

https://www.kompas.com/global/read/2022/09/26/134500170/demo-mahsa-amini-meluas-ke-london-dan-paris-massa-bentrok-dengan-polisi

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke