Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Putin Umumkan Mobilisasi Parsial, Finlandia Waspada, Polandia Sebut Rusia Berupaya Hancurkan Ukraina

WARSAWA, KOMPAS.com – Perdana Menteri Polandia Mateusz Morawiecki mengatakan, Rusia berusaha untuk menghancurkan Ukraina dan mengubah perbatasannya.

Hal tersebut disampaikan Morawiecki pada Rabu (21/9/2022), mengomentari pengumuman mobilisasi parsial oleh Presiden Rusia Vladimir Putin.

“Kami akan melakukan semua yang kami bisa dengan sekutu kami, sehingga NATO lebih mendukung Ukraina sehingga dapat mempertahankan diri,” kata Morawiecki, sebagaimana dilansir Reuters.

Morawiecki menambahkan, laporan tentang mobilisasi parsial telah dikonfirmasi melalui pengumuman langsung dari Putin.

“Rusia akan berusaha untuk menghancurkan Ukraina dan merebut sebagian wilayahnya. Kami tidak dapat mengizinkannya,” ucap Morawiecki.

Sementara itu, Finlandia memantau dengan cermat situasi di Rusia usai perintah mobilisasi parsial dari Putin.

“Mengenai lingkungan Finlandia, saya dapat mengatakan bahwa situasi militer stabil dan tenang,” kata Menteri Pertahanan Finlnadia Antti Kaikkonen.

“Pasukan pertahanan kami sudah dipersiapkan dengan baik dan situasinya dipantau secara ketat,” sambung Kaikkonen.

Diberitakan sebelumnya, Putin mengumumkan mobilisasi parsial pada Rabu, memanggil pasukan cadangan di tengah invasi ke Ukraina yang masih berlanjut.

Dalam pidatonya, Putin juga mendukung rencana Rusia untuk mencaplok wilayah yang diduduki di selatan dan timur Ukraina.

Mobilisasi parsial diumumkan Putin ketika Rusia kehilangan sejumlah wilayah yang dikontrolnya di Ukraina akibat serangan balik.

Putin juga memperingatkan Barat bahwa pengumuman tersebut bukanlah gertakan dan Rusia akan menggunakan semua cara yang ada untuk melindungi wilayahnya.

Putin berujar, dia telah menandatangani dekrit tentang mobilisasi parsial, yang akan dimulai pada Rabu, sebagaimana dilansir AP.

“Kita berbicara tentang mobilisasi parsial, yaitu, hanya warga negara yang saat ini berada dalam kategori cadangan yang akan dikenakan wajib militer, dan di atas semua itu, mereka yang bertugas di angkatan bersenjata memiliki spesialisasi militer tertentu dan pengalaman yang relevan,” ucap Putin.

Putin mengatakan, keputusan mobilisasi parsial dirasa memadai untuk menangkal ancaman yang dihadapi Rusia.

“Yaitu untuk melindungi tanah air kita, kedaulatan dan integritas teritorialnya, untuk memastikan keamanan rakyat kita dan orang-orang di wilayah yang dibebaskan,” ujar Putin.

Berbicara setelah Putin, Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu mengatakan 300.000 tentara cadangan akan dipanggil, sebagaimana dilansir CNBC.

https://www.kompas.com/global/read/2022/09/21/203100070/putin-umumkan-mobilisasi-parsial-finlandia-waspada-polandia-sebut-rusia

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke