Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Baru Umumkan Menang Lawan Covid-19, Korut Laporkan 4 Kasus "Demam" Baru

PYONGYANG, KOMPAS.com - Media Pemerintah Korea Utara, KCNA, pada hari ini, Kamis (25/8/2022) melaporkan adanya temuan empat kasus "demam" baru dengan menyebut mereka diduga terinfeksi "epidemi ganas".

Informasi ini nyatanya muncul hanya berselang dua pekan setelah Korea Utara menyatakan kemenangan atas Covid-19.

Negara itu diketahui baru mengonfirmasi wabah Omicron di ibu kota Pyongyang pada Mei 2022.

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un menyatakan kemenangan atas virus corona awal Agustus ini dan memerintahkan pencabutan sistem pencegahan epidemi darurat maksimum di negara itu karena kasus yang dilaporkan secara resmi turun menjadi nol.

Tetapi, temuan empat kasus "demam" baru telah tercatat di Provinsi Ryanggang, yang berbatasan dengan China pada 23 Agustus.

Kantor Berita Pusat Korea atau KCNA memberitakan hal tersebut dengan mengutip data dari markas besar pencegahan epidemi darurat negara.

"Pihak berwenang segera menerapkan lockdown daerah di mana kasus demam terjadi dan pada saat yang sama segera memobilisasi tim anti-epidemi bergerak cepat dan tim diagnosis dan perawatan cepat," ungkap KCNA, sebagaimana dikutip dari AFP.

KCNA mengabarkan pihak berwenang juga telah mengambil langkah-langkah untuk menyelidiki penyebab wabah demam baru.

Korea Utara diketahui selama ini hampir selalu menyebut "pasien demam" alih-alih "pasien Covid-19" dalam laporan kasus. Hal ini mereka lakukan tampaknya karena kurangnya kapasitas pengujian.

Korea Utara telah mencatat hampir 4,8 juta infeksi "demam" dan hanya 74 kematian dengan tingkat kematian resmi 0,002 persen, menurut KCNA. Tidak ada kasus baru yang dilaporkan sejak 29 Juli hingga saat ini.

Para ahli, termasuk Organisasi Kesehatan Dunia (WNO) sendiri dilaporkan telah lama mempertanyakan statistik Covid-19 di Korea Utara.

Mereka juga sanksi terhadap klaim Korea Utara telah mengendalikan wabah tersebut.

https://www.kompas.com/global/read/2022/08/25/113100570/baru-umumkan-menang-lawan-covid-19-korut-laporkan-4-kasus-demam-baru

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke