Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jokowi ke Media Asing: Ingin Tesla Produksi Mobil Listrik di Indonesia

JAKARTA, KOMPAS.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan kepada media asing bahwa dia ingin Tesla memproduksi mobil listrik di Indonesia.

Hal tersebut disampaikan Jokowi dalam wawancara dengan Pemimpin Redaksi Bloomberg News John Micklethwait, Kamis (18/8/2022).

“Yang kami inginkan adalah mobil listrik, bukan baterai. Untuk Tesla, kami ingin mereka membuat mobil listrik di Indonesia,” kata Jokowi.

Dia menambahkan, Indonesia menginginkan ekosistem mobil listrik yang besar.

Selain Tesla, Jokowi juga berharap hal yang sama dilakukan oleh produsen otomotif raksasa seperti Ford, Hyundai, Toyota, dan Suzuki.

Menurutnya, hal itu penting supaya Indonesia tak hanya menajadi pemasok bahan baku atau produsen komponen dalam rantai pasokan kendaraan listrik global.

Saat ditanya kesepakatan yang belum terjalin dengan Tesla, Jokowi menjawab, “Masih dalam proses pembicaraan.”

“Semuanya butuh waktu. Saya tidak ingin cepat tanpa hasil. Ini membutuhkan komunikasi yang intens dan hasilnya nanti akan datang,” sambung Jokowi.

Diwartakan Kompas.com sebelumnya, Jokowi bertemu dengan CEO Tesla Elon Musk saat melakukan kunjungan ke AS pada Mei.

Jokowi mengatakan, pertemuan tersebut merupakan tindak lanjut perintahnya kepada Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan untuk berbicara dengan Elon Musk.

"Tindak lanjut perintah saya untuk berbicara dengan Elon mengenai investasi, mengenai teknologi, mengenai inovasi, dan sekarang saya ke sini dan bertemu langsung dengan Elon untuk mendiskusikan kerja sama yang akan datang," ujar Jokowi, dilansir siaran pers Sekretariat Presiden.

Dalam pertemuan tersebut, Jokowi juga mengundang Elon Musk untuk datang ke Indonesia.

"Saya kira, dia sangat tertarik sekali untuk segera datang ke Indonesia dan tadi saya sudah sampaikan untuk bisa datang di Indonesia," ucap Jokowi.

Usai pertemuan tersebut, Tesla digadang-gadang siap membangun pabrik mobil listrik di Indonesia.

Namun, pada awal Agustus, Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan bahwa rencana tersebut belum final.

Berita video "Jokowi Bertemu Elon Musk, Bahas Inovasi hingga Investasi Teknologi" dapat disimak di bawah ini

https://www.kompas.com/global/read/2022/08/19/133100370/jokowi-ke-media-asing--ingin-tesla-produksi-mobil-listrik-di-indonesia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke