Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

3 Jet MiG-31E Rusia dengan Rudal Hipersonik Dipindah ke Dekat Negara NATO

MOKSWA, KOMPAS.com – Sebanyak tiga jet tempur MiG-31E yang dilengkapi dengan rudal hipersonik Kinzhal telah dipindahkan ke wilayah Kaliningrad.

Kaliningrad merupakan wilayah eksklave Rusia di wilayah Baltik yang diapit oleh Lituania dan Polandia, dua negara anggota NATO.

Kabar pemindahan MiG-31E dengan rudal hipersonik tersebut diwartakan kantor berita Interfax pada Kamis (18/8/2022), mengutip Kementerian Pertahanan Rusia.

Kantor berita milik negara Rusia, RIA, mengutip Kementerian Pertahanan Rusia yang mengatakan bahwa jet-jet tempur MiG-31E akan bertugas di sana sepanjang waktu.

Reuters melaporkan, Kaliningrad menjadi titik nyala setelah Lituania membatasi transit barang ke wilayah tersebut melalui wilayahnya.

Rusia tak tinggal diam dan berjanji akan membalas keputusan Lituania tersebut.

Ketegangan di wilayah itu semakin meningkat sejak Rusia melancarkan invasi ke Ukraina pada 24 Februari.

Sebelumnya, Kementerian Pertahanan Finlandia melaporkan bahwa dua jet MiG-31 Rusia diduga melanggar wilayah udaranya di dekat Kota Porvoo.

Pada Juli, Rusia dan Belarus membahas kemungkinan tindakan bersama terhadap Lituania atas pembatasan transit kereta api barang ke Kaliningrad.

Lituania membatasi transit barang yang disetujui oleh Uni Eropa (UE) ke Kaliningrad sejak pertengahan Juni.

"Penekanan dibuat pada situasi sehubungan dengan pembatasan ilegal yang diberlakukan oleh Lituania pada transit barang ke wilayah Kaliningrad," kata Kremlin dalam sebuah pernyataan.

"Dalam konteks ini, beberapa kemungkinan langkah bersama telah dibahas," tambah Kremlin, dikutip dari AFP.

Komunike itu dikeluarkan setelah pembicaraan antara Presien Rusia Vladimir Putin dan Presiden Belarus Alexander Lukashenko.

Berita video "Keyakinan Putin Senjata Rusia Lebih Hebat dari Produk Barat" dapat disimak di bawah ini

https://www.kompas.com/global/read/2022/08/18/213100570/3-jet-mig-31e-rusia-dengan-rudal-hipersonik-dipindah-ke-dekat-negara-nato

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke