Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Taiwan Pamer F-16V, Jet Tempurnya yang Paling Canggih Dilengkapi Rudal

Pameran pada malam hari ini dilakukan setelah latihan militer China secara besar-besaran yang belum pernah terjadi sebelumnya di sekitar pulau itu.

Beijing menggelar latihan miluter udara dan laut selama berhari-hari di Selat Taiwan bulan ini, setelah kunjungan Ketua DPR AS Nancy Pelosi dan delegasi Kongres AS ke Taiwan, pulau yang memiliki pemerintahan sendiri.

Taiwan kemudian melakukan latihan militernya sendiri untuk mensimulasikan pertahanan terhadap invasi China.

Pada Rabu (17/8/2022) personel Angkatan Udara Taiwan memuat salah satu unit jet tempur F-16V dengan rudal anti-kapal buatan AS dalam latihan kesiapan tempur di pangkalan udara daerah Hualien.

Sebanyak enam jet tempur F-16V kemudian lepas landas untuk misi pengintaian dan pelatihan malam, termasuk dua yang dipersenjatai dengan rudal, menurut angkatan udara Taiwan dikutip dari kantor berita AFP.

"Dalam menghadapi ancaman dari latihan militer pasukan komunis China baru-baru ini, kami tetap waspada sambil menetapkan konsep 'medan perang di mana pun dan pelatihan kapan saja'... untuk memastikan keamanan nasional," kata AU Taiwan.

Taiwan terus-menerus hidup di bawah ancaman invasi oleh China, yang mengeklaim pulau demokratis itu sebagai bagian dari wilayahnya dan akan merebutnya suatu hari nanti, dengan paksa jika perlu.

  • Kenapa China dan Taiwan Bermusuhan?
  • Krisis Selat Taiwan, 3 Konflik sejak Akhir Perang Saudara China
  • Akhir dari Perang Saudara China dan Sejarah Berdirinya Taiwan

Taipei menuduh Beijing menggunakan kunjungan Pelosi--pejabat tertinggi AS yang berkunjung dalam beberapa puluh tahun terakhir--sebagai alasan memulai latihan untuk invasi.

Taiwan telah memperkuat armada pesawat tempurnya yang menua dalam beberapa tahun terakhir, karena ketakutan akan peningkatan aksi militer China dan karena zona pertahanan udaranya atau ADIZ sering diterobos pesawat Beijing.

Pada November 2021, Taiwan mengerahkan skuadron pertama F-16V buatan AS. Pesawat tempur itu adalah versi yang ditingkatkan dan jauh lebih canggih dari F-16 lainnya yang berasal dari tahun 1990-an.

Penjualan F-16V ke Taiwan disetujui pemerintahan Presiden AS Donald Trump saat ia berseteru dengan China dalam sejumlah masalah. Penerusnya yaitu Joe Biden mempertahankan dukungan serupa untuk Taipei.

Berita video "Warga Taipei ke China: Tak Mudah Rebut Taiwan, Lihat Rusia di Ukraina" dapat disimak di bawah ini.

https://www.kompas.com/global/read/2022/08/18/142400970/taiwan-pamer-f-16v-jet-tempurnya-yang-paling-canggih-dilengkapi-rudal

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke