Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Harga BBM Naik 50 Persen dalam Seminggu di Bangladesh, Warga: Mungkin Harus Mengemis di Jalan

DHAKA, KOMPAS.com - Bangladesh, salah satu ekonomi dengan pertumbuhan tercepat di dunia, telah menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) lebih dari 50 persen hanya dalam seminggu, menyalahkan kenaikan harga minyak setelah perang di Ukraina.

Ribuan orang turun ke jalan sebagai protes, ketika krisis keuangan mulai berkembang di negara Asia Selatan lainnya.

Ditemui BBC saat mengantri bensin untuk truk yang digunakannya untuk mengangkut sayuran, Mohammad Nurul Islam mengatakan dia takut bahwa dia akan segera terpaksa mengemis.

Kenaikan harga bahan bakar yang tidak terduga di Bangladesh telah membuat harga bensin naik dari 86 taka (Rp 13.000) per liter, menjadi 130 taka (Rp 20.000).

Diesel dan minyak tanah juga meningkat sebesar 42,5 persen.

Kenaikan tajam telah membuat Mohammed, yang bekerja untuk sebuah perusahaan transportasi selama sembilan tahun terakhir, berjuang untuk membayar kebutuhan pokok.

Pria berusia 35 tahun, yang tinggal di kota utara Dinajpur, biasa membawa produk segar dari kampung halamannya ke ibu kota, Dhaka.

Dia memiliki dua anak kecil dan orang tuanya untuk dibiayai, tetapi kata dia bosnya tidak mampu membayar gaji penuhnya sekarang karena kenaikan harga bahan bakar telah terjadi.

“Kalau ke pasar, saya tidak bisa membeli makanan yang cukup untuk keluarga saya. Kalau harga BBM terus naik seperti ini, saya tidak bisa mengasuh orang tua atau menyekolahkan anak saya.

"Jika saya kehilangan pekerjaan, saya mungkin harus mulai mengemis di jalanan," katanya kepada BBC dilansir pada Minggu (14/7/2022).

Banyak orang lain di negara berpenduduk lebih dari 168 juta orang ini menghadapi kesulitan serupa.

Seperti banyak negara lain, Bangladesh berada dalam kondisi yang sulit karena kenaikan harga minyak dunia setelah invasi Rusia ke Ukraina.

"Kita tahu kenaikan harga besar, tapi apa yang bisa kita lakukan jika biaya bahan bakar meningkat di luar negeri?" Menteri Energi Bangladesh Nasrul Hamid mengatakan kepada BBC Bangla.

Menolak tuduhan salah urus ekonomi oleh pemerintah, Hamid mengatakan pemerintahannya telah memberikan subsidi untuk menghindari kenaikan di masa lalu, tetapi kenaikan sekarang tidak dapat dihindari.

"Jika harga global turun pada titik tertentu, kami akan mencoba melakukan beberapa penyesuaian," tambahnya.

Setelah berita kenaikan diumumkan minggu lalu, ribuan orang menggelar protes di pompa bensin di seluruh negeri, dalam adegan yang mengingatkan pada krisis Sri Lanka, menyerukan agar kenaikan itu dibatalkan.

Protes di Bangladesh terjadi secara sporadis, tetapi kemarahan dan kebencian semakin meningkat.

Meski demikian, Menteri Energi Bangladesh yakin negaranya akan terhindar dari nasib Sri Lanka, meski cadangan devisanya turun.

Pada Juli, Bangladesh - yang ekonominya sempat dipuji sebagai salah satu yang tumbuh paling cepat di dunia - menjadi negara Asia Selatan ketiga yang mencari pinjaman dari Dana Moneter Internasional (IMF), setelah Sri Lanka dan Pakistan.

Semua harga kebutuhan pokok ikut naik

Namun bagi Mossammad Zakia Sultana, yang hampir tidak mampu membayar ongkos bus untuk mengantar anaknya berobat karena sakit, bantuan apa pun akan terlambat.

Tarif angkutan umum naik karena melonjaknya biaya bahan bakar. Akibatnya dia hanya mampu melakukan perjalanan yang paling penting.

Berbicara kepada BBC di bus dalam perjalanan ke rumah sakit bersama putri remajanya, dia mengatakan bahwa kenaikan harga pangan baru-baru ini telah memukulnya dengan keras.

“Tidak hanya tarif bus yang naik, harga semua barang di pasar juga meningkat, sehingga saya kesulitan membiayai pengeluaran keluarga saya,” katanya.

"Bukan hanya tarif bus. Becak dan angkutan lainnya sudah naik, jadi keluar rumah saja sudah susah."

Di daerah yang lebih terpencil di Dinajpur, ceritanya serupa. Sheuli Hazda bekerja di sawah di distrik penghasil beras di Phulbari.

Dia mengaku bahkan hampir tidak mampu membeli makanan yang dia tanam.

“Dengan kenaikan harga BBM yang tiba-tiba, biaya bertani menjadi sangat mahal,” katanya.

"Gaji kami hampir tidak menutupi biaya hidup kami. Semuanya sangat mahal, kami tidak dapat membeli jatah yang cukup untuk memberi makan anak-anak kami."

Ketika biaya hidup meningkat di Bangladesh, orang-orang seperti Sheuli mengatakan penghasilan mereka menjadi tidak berharga.

"Jika pemerintah tidak segera menurunkan harga BBM, kami akan mati kelaparan."

https://www.kompas.com/global/read/2022/08/14/121500070/harga-bbm-naik-50-persen-dalam-seminggu-di-bangladesh-warga--mungkin

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke