Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Peringatan Mantan Presiden Rusia: Insiden Nuklir Bisa Terjadi di Eropa

MOSKWA, KOMPAS.com - Mantan Presiden Rusia Dmitry Medvedev mengeluarkan ancaman terselubung kepada sekutu Barat Ukraina yang menuduh Rusia menciptakan risiko bencana nuklir dengan menempatkan pasukan di sekitar pembangkit nuklir (PLTN) Zaporizhzhia Ukraina.

Ukraina menuduh Rusia menembaki kota-kota Ukraina dari lokasi tersebut dengan pengetahuan bahwa pasukan Ukraina tidak dapat mengambil risiko membalas tembakan.

Dikatakan bahwa Rusia telah menembaki daerah itu sendiri sambil menyalahkan Ukraina. Rusia mengatakan bahwa Ukraina yang telah menyerang pabrik tersebut.

“Mereka (Kyiv dan sekutunya) mengatakan itu adalah Rusia. Itu jelas 100 persen omong kosong, bahkan untuk publik Russophobic yang bodoh,” Medvedev, yang sekarang wakil ketua Dewan Keamanan Rusia, menulis di saluran pesan instan Telegram pada Jumat (12/8/2022) dilansir dari Al Jazeera.

"Mereka mengatakan itu terjadi murni karena kecelakaan, seperti 'Kami tidak bermaksud'," tambahnya.

"Apa yang bisa kukatakan? Jangan lupa bahwa Uni Eropa juga memiliki pembangkit listrik tenaga nuklir. Dan insiden juga bisa terjadi di sana.”

Direktur Jenderal Badan Energi Atom Internasional Rafael Grossi mendesak Rusia dan Ukraina, yang saling menyalahkan atas serangan di pembangkit itu, untuk segera mengizinkan para ahli nuklir menilai kerusakan dan mengevaluasi keselamatan dan keamanan di kompleks nuklir yang luas, di mana situasinya “telah memburuk dengan sangat cepat”.

Dia menyorot penembakan dan beberapa ledakan di Zaporizhzhia Jumat (5/8/2022) lalu yang memaksa penutupan transformator tenaga listrik dan dua transformator cadangan, memaksa satu reaktor nuklir ditutup.

Seruan demiliterisasi

Kyiv dan Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres telah menyerukan agar daerah itu didemiliterisasi, dan negara-negara ekonomi utama G7 mendesak Rusia untuk mengembalikannya ke Ukraina.

Tetapi legislator senior Rusia Leonid Slutsky, ketua Komite Urusan Luar Negeri majelis rendah, mengatakan gagasan mengembalikan pabrik ke kendali Ukraina adalah “penghinaan dari sudut pandang memastikan keamanan”.

"Dan semua pernyataan menteri luar negeri G7 untuk mendukung tuntutan mereka tidak lain adalah 'sponsor terorisme nuklir'," tambahnya di saluran Telegram-nya.

Rusia merebut pabrik Zaporizhzhia pada Maret setelah memulai invasi Ukraina pada 24 Februari, tetapi situs tersebut masih dioperasikan oleh staf Ukrainanya.

Kyiv mengatakan kompleks itu telah dihantam lima kali pada Kamis (11/8/2022), termasuk di dekat tempat penyimpanan bahan radioaktif.

Pejabat yang ditunjuk Rusia mengatakan Ukraina telah menembaki pabrik itu dua kali, dan mengganggu pergantian shift, menurut kantor berita milik negara Rusia TASS.

https://www.kompas.com/global/read/2022/08/13/132900770/peringatan-mantan-presiden-rusia--insiden-nuklir-bisa-terjadi-di-eropa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke