Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Panduan Covid-19 Terbaru CDC, Tak Lagi Fokus pada Karantina dan Jaga Jarak

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS mengatakan tindakan pembatasan seperti karantina dan jarak sosial tak lagi jadi fokus dan bisa mulai ditinggalkan.

CDC saat ini fokus mengurangi penyakit parah yang disebabkan Covid-19.

Dilansir CNN, dalam pedoman baru yang dirilis Kamis (11/8/2022), CDC tidak lagi merekomendasikan untuk menjauh setidaknya 6 kaki dari orang lain untuk mengurangi risiko paparan virus.

Hal ini adalah perubahan dari pedoman yang telah ada sejak awal pandemi.

Pergeseran tersebut menjadi tanda betapa banyak yang telah berubah sejak awal pandemi lebih dari dua tahun lalu.

Hampir seluruh penduduk AS memiliki kekebalan melalui vaksinasi, infeksi sebelumnya atau, dalam beberapa kasus, keduanya.

"Kondisi pandemi saat ini sangat berbeda dari dua tahun terakhir," kata Greta Massetti, yang memimpin Cabang Epidemiologi dan Pencegahan Lapangan di CDC, Kamis.

AS berada di dataran tinggi Covid, dan tidak ada yang yakin apa yang akan terjadi selanjutnya

"Tingkat kekebalan populasi yang tinggi karena vaksinasi dan infeksi sebelumnya, ditambah banyak alat yang tersedia untuk melindungi populasi umum dan orang yang berisiko lebih tinggi, memungkinkan kami fokus melindungi orang dari penyakit serius yang timbul akibat Covid-19," tambahnya.

Pedoman CDC baru mengatakan pelacakan kontak atau tracing harus dibatasi pada rumah sakit dan situasi kelompok berisiko tinggi tertentu seperti panti jompo.

Pedoman tersebut juga tidak menekankan penggunaan pengujian reguler untuk menyaring Covid-19, kecuali di tempat berisiko tinggi tertentu seperti panti jompo dan penjara.

Pedoman baru itu juga tidak menyarankan untuk mengkarantina orang yang pernah terpapar Covid-19 tetapi tidak terinfeksi.

Tetapi panduan menjaga beberapa tindakan tetap sama, seperti mendorong pengujian orang-orang dengan gejala dan kontak dekat mereka.

Orang yang dites positif harus tinggal di rumah setidaknya selama lima hari dan memakai masker di sekitar orang lain selama 10 hari.

CDC juga terus merekomendasikan agar orang memakai masker di dalam ruangan, di sekitar setengah negara bagian.

Pedoman baru ini juga menyesuaikan saran tentang isolasi bagi orang-orang yang menjadi sangat sakit akibat Covid-19.

Orang dengan gejala sedang seperti sesak napas dan mereka yang dirawat di rumah sakit harus tinggal di rumah setidaknya selama 10 hari.

Orang dengan sistem kekebalan yang terganggu sekarang harus berkonsultasi terlebih dulu dengan dokter jika ingin mengakhiri isolasi setelah infeksi.

https://www.kompas.com/global/read/2022/08/12/143000070/panduan-covid-19-terbaru-cdc-tak-lagi-fokus-pada-karantina-dan-jaga-jarak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke