Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Perahu Terbalik, Pelaut Perancis Terjebak 16 Jam di Samudra Atlantik

Dia bertahan di air menggunakan gelembung udara di dalam kapal yang terbalik.

Dilansir New York Post, pelaut pemberani itu akhirnya diselamatkan dari perairan yang berbahaya oleh para penjaga pantai Spanyol dalam apa yang mereka gambarkan sebagai "operasi yang mustahil."

Kapal setinggi 40 kaki itu, yang disebut Jeanne SOLO Sailor, mengirim sinyal darurat pada pukul 23.23 waktu setempat pada Senin (1/8/2022), 14 mil dari Kepulauan Sisargas di lepas pantai barat laut Spanyol.

Data pelacakan menunjukkan kapal itu berlayar dari ibu kota Portugal Lisbon pada Minggu (31/7/2022) pagi.

Ketika sebuah kapal penjaga pantai yang membawa lima penyelam memulai misi penyelamatan, salah satu dari tiga helikopter dikirim untuk membantu pencarian.

Mereka melacak perahu terbalik saat matahari terbenam.

Seorang penyelam naik ke lambung kapal untuk mencari tanda-tanda kehidupan dan pelaut di dalam, yang belum diberi nama.

Dia mengetuk lambung kapal dan menunggu tanggapan.

Mereka juga menempelkan balon pelampung ke lambung kapal untuk mencegahnya tenggelam lebih jauh dan menunggu sampai pagi, dengan pria Perancis yang masih terjebak di bawahnya.

Dua penyelam berenang di bawah perahu untuk membantu pelaut itu, yang mereka temukan mengenakan setelan bertahan hidup dan terendam air hingga lututnya.

"Setiap nyawa yang diselamatkan adalah hadiah terbesar kami," kata Lembaga Keselamatan dan Penyelamatan Maritim Spanyol dalam sebuah tweet.

Vicente Cobelo, anggota tim operasi khusus penjaga pantai, mengatakan kepada stasiun setempat bahwa pria itu dengan sukarela melompat ke dalam air yang membeku dan berenang di bawah perahu untuk mencapai permukaan laut.

"Atas inisiatif sendiri, dia masuk ke dalam air dan dibebaskan, dibantu oleh penyelam yang harus menariknya melalui karena sulit baginya untuk keluar," katanya.

Ia diterbangkan ke tempat yang aman dan dibawa ke rumah sakit tetapi keluar beberapa waktu kemudian.

https://www.kompas.com/global/read/2022/08/05/190000570/perahu-terbalik-pelaut-perancis-terjebak-16-jam-di-samudra-atlantik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke