Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

8 Kandidat Teratas PM Inggris yang Mungkin Akan Gantikan Boris Johnson

Sekutunya terus meninggalkannya karena skandal yang meningkat.

Dilansir Axios, perlombaan untuk menggantikannya sebagai pemimpin Partai Konservatif dan sebagai perdana menteri terbuka lebar.

Pejabat tinggi dalam pemerintahan Johnson, termasuk Kanselir Rishi Sunak yang baru saja mengundurkan diri dan Menteri Luar Negeri Liz Truss, kemungkinan akan mencalonkan diri.

Saingan Johnson seperti mantan Menteri Luar Negeri Jeremy Hunt juga diperkirakan akan ikut serta.

Tahap pertama pemilihan kepemimpinan akan dimulai dengan 358 anggota Parlemen Konservatif memberikan suara untuk mempersempit daftar kandidat yang diumumkan menjadi dua.

Kemudian 180.000 atau lebih anggota Partai Konservatif yang membayar iuran akan memilih untuk memilih pemimpin berikutnya.

Berikut ulasan sejumlah sosok yang bisa menggantikan Boris Johnson.

1. Rishi Sunak

Sebagai orang paling kuat kedua di Westminster dan wajah program dukungan Covid-19 populer di pemerintah, Sunak tampak seperti pewaris Johnson.

Namun dia didenda bersama Johnson atas skandal "partygate" dan popularitasnya turun secara signifikan.

2. Liz Truss

Menteri luar negeri itu mendukung Johnson sepanjang skandalnya sambil membentuk citranya sendiri dalam konfrontasi dengan Moskwa atas invasi ke Ukraina dan Brussels atas Brexit.

Dia secara konsisten melakukan polling sebagai salah satu tokoh senior paling populer di antara anggota Partai Konservatif.

3. Jeremy Hunt

Sebagai runner-up untuk Johnson dalam kontes kepemimpinan 2019, Hunt dipandang sebagai moderat dan memposisikan dirinya sebagai pasangan yang aman untuk menggantikan Johnson.

Mantan sekretaris kesehatan dan sekretaris luar negeri sekarang memimpin Komite Pilihan Perawatan Kesehatan dan Sosial Parlemen dan memimpin penyelidikan terhadap tanggapan Johnson terhadap Covid-19.

4. Sajid Javid

Javid adalah anggota Kabinet pertama yang meninggalkan Johnson, kemudian melangkah lebih jauh dengan mempertanyakan integritas Johnson selama Pertanyaan Perdana Menteri.

Hal itu seolah menandakan dia merencanakan tawaran kepemimpinan lain setelah kalah dari Johnson pada 2019.

5. Ben Wallace

Profil menteri pertahanan telah tumbuh secara signifikan selama perang di Ukraina, di mana ia telah menjadi salah satu pendukung internasional terkuat untuk mempersenjatai Ukraina.

Veteran Angkatan Darat dan loyalis Johnson sangat populer di pangkalan Tory dan banyak rekan Westminsternya.

6. Penny Mordaunt

Saat ini menjadi menteri kebijakan perdagangan negara bagian dan mantan menteri pertahanan wanita pertama Inggris, Mordaunt adalah pilihan populer untuk menggantikan Johnson.

Dia adalah seorang Brexiteer terkemuka yang mengambil pendekatan yang lebih pragmatis saat bertugas di pemerintahan Theresa May.

7. Nadhim Zahawi

Seorang mantan pengusaha kaya yang keluarganya melarikan diri dari Irak di bawah Saddam Hussein ketika dia berusia 9 tahun.

Zahawi melihat popularitas dan profilnya meningkat setelah berhasil memimpin peluncuran vaksin di Inggris. Dia diangkat menjadi sekretaris pendidikan, kemudian rektor setelah pengunduran diri Sunak. Namun dia dilaporkan bergabung dengan delegasi menteri yang mendesak Johnson untuk mundur.

8. Tom Tugendhat

Sebagai seorang veteran Angkatan Darat Inggris yang menjadi viral karena pidato yang ia sampaikan selama penarikan AS dan Inggris dari Afghanistan, Tugendhat adalah konservatif pertama yang secara terbuka menyatakan minatnya untuk mencalonkan diri sebagai pemimpin jika Johnson mengundurkan diri.

Dia telah memimpin Komite Pemilihan Urusan Luar Negeri sejak 2017 dan sering mengkritik Johnson.

https://www.kompas.com/global/read/2022/07/07/113000170/8-kandidat-teratas-pm-inggris-yang-mungkin-akan-gantikan-boris-johnson

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke