Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Presiden Baru Filipina Janji Tingkatkan Produksi biji-bijian untuk Cegah Krisis Pangan

MANILA, KOMPAS.com - Presiden Filipina Ferdinand Marcos Jr berjanji pada Senin (4/7/2022), akan melakukan apa yang diperlukan untuk meningkatkan produksi beras dan jagung negaranya.

Dia menginginkan Filipina mengurangi ketergantungan pada impor bahan pangan tersebut dan menghindari pukulan keras oleh krisis pangan yang sekarang membayangi di seluruh dunia.

Marcos Jr, yang dilantik sebagai Presiden Filipina pekan lalu dan mengangkat dirinya sendiri sebagai Menteri Pertanian Filipina, mengatakan bahwa negaranya -importir beras terbesar kedua di dunia- sekarang berada pada posisi yang tidak menguntungkan atas pasokan makanan.

"Ketika kita melihat ke seluruh dunia, semua orang sedang mempersiapkannya (krisis pangan)," kata Marcos Jr dalam pertemuan dengan pejabat senior pertanian.

"Jadi kita harus benar-benar memperhatikan apa yang bisa kita lakukan," ungkap dia, dilansir dari Reuters.

Marcos Jr berkuasa pada saat kritis, dengan inflasi tertinggi dalam lebih dari tiga tahun dan saat dunia menghadapi pengetatan pasokan makanan, akibat konflik antara eksportir biji-bijian utama Rusia dan Ukraina.

Transkrip pertemuan yang diberikan oleh presiden tidak menyebutkan langkah atau target perbaikan khusus, tetapi Marcos Jr mengatakan pemerintah akan memastikan keterjangkauan harga pangan.

Untuk memastikan kecukupan dan keterjangkauan pangan jangka panjang, Marcos Jr mengulangi janji kampanye untuk mengurangi ketergantungan pada impor pangan.

Dia juga meminta tinjauan Undang-Undang Tarif Beras 2019, yang membuka pintu impor Filipina lebih luas dengan menghapus kuota tahunan untuk pembelian dan membatasi peran pemerintah dalam perdagangan beras untuk memastikan pasokan selama keadaan darurat.

https://www.kompas.com/global/read/2022/07/04/211500070/presiden-baru-filipina-janji-tingkatkan-produksi-biji-bijian-untuk-cegah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke