Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Gelar Pertemuan Akbar, Taliban Ungkap Uneg-uneg pada Dunia Internasional

Pertemuan meminta pemerintah asing untuk secara resmi mengakui pemerintahan mereka, meski tidak ada sinyal untuk mengikuti tuntutan internasional seperti membuka sekolah menengah bagi perempuan.

Dilansir Reuters, ekonomi Afghanistan telah jatuh ke dalam krisis karena pemerintah Barat telah menarik dana dan sanksi ketat.

Barat pun mengatakan pemerintah Taliban perlu mengubah arah pada hak asasi manusia, terutama perempuan.

"Kami meminta negara-negara regional dan internasional, terutama negara-negara Islam ... untuk mengakui Afghanistan ... melepaskan semua sanksi, mencairkan dana (bank sentral) dan dukungan dalam pembangunan Afghanistan," kata peserta pertemuan itu.

Pemimpin Taliban bergabung dengan pertemuan tiga hari yang diikuti lebih dari 4.000 orang pada hari Jumat (1/6/2022) itu.

Dia menyampaikan pidato di mana ia memberi selamat kepada para peserta atas kemenangan Taliban dan menggarisbawahi kemerdekaan negara itu.

Taliban sendiri kembali mengumumkan bahwa semua sekolah akan dibuka pada bulan Maret lalu, tapi lantas menutupnya lagi.

Ini membuat banyak gadis yang muncul di sekolah menengah menangis dan menuai kritik dari pemerintah Barat.

Dalam pidato yang disiarkan di televisi pemerintah, sejumlah kecil peserta mengangkat pendidikan anak perempuan dan perempuan.

Wakil pemimpin dan menteri dalam negeri Taliban, Sirajuddin Haqqani, mengatakan dunia telah menuntut pemerintah dan pendidikan inklusif dan masalah ini akan memakan waktu.

Namun pemimpin tertinggi kelompok itu, Haibatullah Akhundzada, yang biasanya berbasis di selatan kota Kandahar dan jarang muncul di depan umum, mengatakan orang asing tidak boleh memberi perintah.

Pernyataan akhir pertemuan itu mengatakan pertahanan Imarah Islam adalah wajib dan bahwa kelompok militan Negara Islam, yang mengatakan berada di balik beberapa serangan di negara itu, adalah ilegal.

https://www.kompas.com/global/read/2022/07/03/070000670/gelar-pertemuan-akbar-taliban-ungkap-uneg-uneg-pada-dunia-internasional

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke