Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Xi Jinping Datang, Hong Kong Tegang

Xi Jinping mengunjungi Hong Kong untuk menghadiri peringatan 25 tahun penyerahan koloni itu dari Inggris kepada China.

Untuk memberi pengamanan kepada sang presiden "Negeri Panda", para pejabat setempat harus masuk sistem loop tertutup. Sebagian kota juga ditutup dan jurnalis dilarang menghadiri acara pada Jumat (1/7/2022).

Rincian seputar perjalanan Xi Jinping--yang pertama di luar China daratan sejak pandemi Covid-19--dirahasiakan, tetapi presiden berusia 69 tahun itu diperkirakan akan berada di Hong Kong selama Kamis (30/6/2022) hingga Jumat (1/7/2022).

Namun, Xi Jinping kemungkinan tidak akan menginap di Hong Kong melainkan bermalam di dekatnya yaitu Shenzhen, China daratan, menurut media lokal yang dikutip AFP.

Orang-orang yang ikut dalam kunjungan Xi Jinping ke Hong Kong, termasuk pejabat tinggi pemerintah, harus membatasi kontak sosial, melakukan tes PCR setiap hari, dan karantina di hotel pada hari-hari menjelang kunjungan.

Polisi pada Selasa (28/6/2022) mengumumkan penutupan jalan skala besar di Hong Kong, dan untuk sementara melarang penerbangan drone di seluruh kota dengan alasan masalah keamanan.

Sejumlah pekerja Science Park mengatakan kepada AFP, mereka belum menerima pemberitahuan tentang kunjungan Xi Jinping, tetapi mereka disuruh bekerja dari rumah pada Kamis (30/6/2022).

"Demi keamanan, jika kita akan bertemu dengan pemimpin tertinggi dan pemimpin lainnya dalam jarak dekat, saya pikir ada baiknya untuk masuk loop tertutup," kata Regina Ip politisi veteran pro-Beijing kepada AFP.

  • Restoran Terapung Mewah Hong Kong Tenggelam di Laut China Selatan
  • Misteri Restoran Terapung Jumbo Hong Kong: Katanya Tenggelam, tapi...
  • Buku Pelajaran Terbaru Hong Kong Utak-atik Sejarah, Klaim Hong Kong Tak Pernah Dijajah Inggris

Otoritas Hong Kong juga berupaya menghilangkan potensi penghinaan selama masa kunjungan Xi di kota itu. Polisi keamanan nasional melakukan setidaknya sembilan penangkapan seminggu terakhir.

Liga Sosial Demokrat, salah satu dari sedikit kelompok oposisi Hong Kong yang tersisa, mengatakan bahwa mereka tidak akan berdemonstrasi pada 1 Juli setelah petugas keamanan nasional berbicara dengan para relawan yang terkait dengan kelompok itu.

Kelompok jajak pendapat teratas Hong Kong pun mengumumkan, mereka akan menunda penerbitan hasil survei yang mengukur popularitas pemerintah sebagai tanggapan atas saran dari departemen pemerintah tentang risiko mereka.

Peringatan serah terima Hong Kong pada 1 Juli setiap tahunnya biasanya diwarnai demonstrasi damai oleh puluhan ribu orang yang turun ke jalan.

Akan tetapi, tidak ada pertemuan massal di Hong Kong selama beberapa tahun terakhir akibat pembatasan virus corona dan UU Keamanan Nasional untuk menghilangkan oposisi publik terhadap aturan tanpa kompromi China.

https://www.kompas.com/global/read/2022/06/30/174300870/xi-jinping-datang-hong-kong-tegang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke