Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

PM Italia Sebut Indonesia Kesampingkan Partisipasi Putin di KTT G20

Hal ini disampaikan Perdana Menteri Italia Mario Draghi Selasa (28/6/2022).

Dilansir Yahoo News, KTT 15-16 November telah mempertaruhkan pertemuan diplomatik yang canggung jika Putin datang, atau momok para pemimpin Barat bahkan tidak muncul mengingat perang Rusia di Ukraina.

Masalah ini menjadi topik pada KTT Kelompok Tujuh yang lebih kecil di Jerman yang berakhir pada hari Selasa dan termasuk para pemimpin dari lima negara demokrasi utama yang sedang berkembang.

India, Indonesia, Senegal, Afrika Selatan dan Argentina, tidak semuanya memiliki pandangan yang sama dengan G7, perang di Ukraina atau sanksi terhadap Rusia.

Tetapi Draghi, yang negaranya memegang kursi kepresidenan G20 sebelum menyerahkannya ke Indonesia, mengatakan bahwa G7 telah berkumpul untuk mendukung Presiden Indonesia Joko Widodo untuk menyelenggarakan pertemuan puncak yang sukses.

Dia ditanya tentang komentar dari penasihat Putin Yuri Ushakov bahwa Putin telah menerima undangan Jokowi untuk menghadiri KTT Bali.

“Presiden Jokowi mengecualikan itu. Dia kategoris. Putin tidak datang," kata Draghi kepada wartawan di Elmau, Jerman.

"Apa yang mungkin terjadi, saya tidak tahu, tetapi apa yang mungkin terjadi, mungkin adalah intervensi jarak jauh. Kita lihat saja nanti," ujarnya.

Ushakov pun membalas pada hari Selasa bahwa “bukan Draghi yang memutuskan itu.”

“Kami telah menerima undangan dan merespons positif,” katanya.

Jokowi dijadwalkan melakukan perjalanan ke Rusia dan Ukraina setelah pertemuan G7.

Putin, bersama beberapa pemimpin lainnya, sebelumnya berpartisipasi melalui video pada KTT G20 di Roma Oktober lalu, karena pandemi virus corona.

Berbicara sekitar waktu yang sama dengan Draghi, Kanselir Jerman Olaf Scholz tidak membahas apakah Putin akan hadir atau tidak.

Tetapi dia mengatakan bahwa dia dan rekan-rekan pemimpin G7 setuju bahwa “kami tidak ingin memisahkan G20.”

"Dilihat mulai hari ini, keputusan negara bagian yang berkumpul di sini adalah mereka pergi ke sana," Scholz menambahkan.

https://www.kompas.com/global/read/2022/06/29/183000870/pm-italia-sebut-indonesia-kesampingkan-partisipasi-putin-di-ktt-g20

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke