Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ratusan Ribu Orang di China Selatan Dievakuasi setelah Hujan Terlebat dalam Beberapa Dekade

BEIJING, KOMPAS.com - Curah hujan terberat dalam beberapa dasawarsa telah memicu banjir dan tanah longsor di China selatan, memaksa ratusan ribu orang dievakuasi, media pemerintah melaporkan.

Hujan deras telah membahayakan saluran air di dataran rendah lembah Sungai Pearl dalam beberapa hari terakhir.

Banjir bandang mengancam operasi manufaktur, pengiriman dan logistik. Padahal saat ini, rantai pasokan sudah dalam kondisi tertekan karena kontrol ketat Covid-19 di China.

Curah hujan rata-rata di provinsi Guangdong, Fujian dan Guangxi antara awal Mei dan pertengahan Juni mencapai 621 milimeter, tertinggi sejak 1961, menurut Pusat Meteorologi Nasional China sebagaimana dilansir The Straits Times pada Selasa (21/6/2022).

Di wilayah tetangga Guangxi, air berlumpur terlihat membanjiri daerah perkotaan. Tim penyelamat darurat terlihat mengevakuasi penduduk desa dengan perahu karet.

Para pengungsi termasuk di antara hampir 480.000 orang yang terkena dampak hujan dan banjir, menurut para pejabat.

Shaoguan mengeluarkan peringatan banjir merah - yang paling serius - pada Selasa (21/6/2022) pagi. Itu diaktifkan setelah beberapa daerah pedesaan dan kota besar Foshan meningkatkan peringatan banjir mereka dalam beberapa hari terakhir.

Guangxi dilanda banjir terparah sejak 2005, menurut laporan media lokal.

Otoritas meteorologi mengatakan pada Senin (20/6/2022) bahwa 28 sungai Guangxi telah melampaui tingkat peringatan, sementara hujan berlanjut pada Selasa (21/6/2022).

Provinsi Jiangxi mengeluarkan peringatan merah untuk banjir pada Senin (20/6/2022).

Di Fujian, lebih dari 220.000 orang telah dievakuasi sejak awal bulan ini karena banjir, kata kantor berita resmi China Xinhua, Senin (20/6/2022).

Awal bulan ini, sedikitnya 21 orang tewas setelah banjir yang disebabkan oleh hujan deras di provinsi Hubei, China tengah.

Bencana banjir di provinsi Henan, China tengah, musim panas lalu menewaskan 398 orang dan menyebabkan kerugian ekonomi lebih dari 10 miliar dollar AS (Rp 148 triliun).

https://www.kompas.com/global/read/2022/06/21/180000370/ratusan-ribu-orang-di-china-selatan-dievakuasi-setelah-hujan-terlebat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke