Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Setelah Penembakan SD di Texas, Muncul Pria Bersenjata Dekat Sekolah di Kanada, Polisi Tembak Tersangka

TORONTO, KOMPAS.com – Polisi Toronto menembak mati seorang pria yang sedang berjalan di jalan membawa senjata api di lingkungan kota pada Kamis (26/5/2022) sore waktu setempat.

Insiden tersebut mendorong lima sekolah terdekat untuk ditempatkan di bawah penguncian pencegahan, sebagaimana dilansir Reuters.

Petugas awalnya menanggapi laporan mengenai seorang pria bersenjata di daerah itu.

Kepala Kepolisian Toronto James Ramer menolak untuk memberikan perincian lebih lanjut, mengutip penyelidikan yang sedang berlangsung.

Sebelumnya di Twitter, Kepolisian Toronto mengatakan, petugas telah menembak tersangka yang digambarkan sebagai laki-laki berusia akhir belasan atau awal 20-an.

Adegan di mana pria itu ditembak oleh polisi Toronto adalah sekitar 130 meter dari SMP William G Davis.

Semua penguncian di sekolah dicabut setelah beberapa jam kemudian, menurut Dewan Sekolah Distrik Toronto.

Insiden itu terjadi beberapa hari setelah seorang pria bersenjata di Texas, AS, membunuh 19 anak dan dua guru di sebuah sekolah dasar (SD).

Penembakan di sebuah SD di Texas menimbulkan kekhawatiran tentang kekerasan senjata di seluruh dunia.

Polisi Toronto telah memblokade sekitar 300 meter jalan raya di dekat tempat kejadian dan petugas investigasi khusus melakukan penyelidikan, menurut seorang saksi mata Reuters.

"Saya tentu memahami trauma dan betapa traumatisnya hal ini bagi staf, siswa, dan orangtua, mengingat peristiwa baru-baru ini yang terjadi di AS," kata Ramer.

Ramer mengatakan, Kepolisian Toronto belum memiliki semua rincian insiden itu.

“Saya tidak ingin berspekulasi dan menduga bahwa itu adalah sesuatu yang mirip dengan apa yang terjadi di AS,” ujar Ramer.

Tingkat pembunuhan senjata api di Kanada adalah 0,5 per 100.000 orang, jauh lebih rendah dari tingkat AS sebesar 4,12, menurut analisis tahun 2021 oleh Institut Metrik dan Evaluasi Kesehatan (IHME) Universitas Washington.

https://www.kompas.com/global/read/2022/05/27/090100570/setelah-penembakan-sd-di-texas-muncul-pria-bersenjata-dekat-sekolah-di

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke