Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Rusia Akan Usir Wartawan Negara Barat Jika Briefing Diblokir YouTube

MOSKWA, KOMPAS.com – Rusia akan mengusir wartawan-wartawan dari negara Barat jika YouTube memblokir briefing dari Kementerian Luar Negeri.

Ancaman tersebut dikeluarkan Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Rusia Maria Zakharova pada Kamis (26/5/2022), sebagaimana dilansir Reuters.

Zakharova rutin mengadakan briefing mingguan tentang kebijakan luar negeri Rusia, termasuk intervensi militer Moskwa di Ukraina.

Dia mengatakan, Kementerian Luar Negeri Rusia telah memperingatkan YouTube agar tidak memblokir kontennya.

“Kami baru saja tiba dan memberi tahu mereka, 'Jika Anda memblokir pengarahan lain, satu wartawan atau outlet media Amerika pulang’,” kata Zakharova sebagaimana dikutip kantor berita TASS.

“Pengarahan lain diblokir dan kami akan menyebutkan wartawan tertentu atau outlet media tertentu yang akan pulang,” sambung Zakharova.

Zakharova menyampaikan hal tersebut selang beberapa hari setelah parlemen Rusia mengesahkan undang-undang (UU) yang memberikan wewenang kepada jaksa untuk menutup biro media asing di Moskwa jika negara Barat "tidak bersahabat" dengan media Rusia.

Langkah itu dimaksudkan untuk membalas penutupan beberapa outlet berita negara Rusia di Barat.

Pada Rabu (25/5/2022), Zakharova menuturkan bahwa Rusia mengerjakan tindakan terhadap media berbahasa Inggris.

Hal tersebut merupakan balasan atas "tindakan tidak bersahabat" oleh pemerintah asing terhadap outlet berita Rusia. Namun, dia tidak memberikan rincian lebih lanjut.

Pada Maret, Presiden Rusia Vladimir Putin menandatangani UU yang menjatuhkan hukuman penjara hingga 15 tahun karena menyebarkan berita "palsu" dengan sengaja tentang militer.

UU tersebut mendorong beberapa media Barat untuk menarik jurnalis mereka keluar dari Rusia.

Meski demikian, beberapa media Barat lainnya, termasuk Reuters, tetap tinggal di Rusia dan terus melaporkan.

https://www.kompas.com/global/read/2022/05/26/203100670/rusia-akan-usir-wartawan-negara-barat-jika-briefing-diblokir-youtube

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke