Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ukraina Terkini: 700 Pejuang Mariupol Menyerah, AS Buka Kembali Kedubes di Kyiv

Sementara itu, Amerika Serikat menjadi negara Barat terbaru yang membuka kembali kedutaannya di Kyiv.

Dilansir Reuters, Ukraina telah memerintahkan garnisunnya di Mariupol untuk mundur, tetapi hasil akhir dari pertempuran paling berdarah di Eropa selama beberapa dekade ini masih belum terselesaikan.

Komandan tertinggi pejuang Ukraina yang bertahan di pabrik baja Azovstal di kota pelabuhan masih berada di dalam pabrik, menurut pemimpin separatis pro-Rusia yang menguasai daerah itu, Denis Pushilin, dikutip kantor berita lokal DNA.

Pejabat Ukraina menolak berkomentar secara terbuka tentang nasib para pejuang.

"Negara melakukan upaya maksimal untuk melakukan penyelamatan personel layanan kami," kata juru bicara militer Oleksandr Motuzaynik dalam konferensi pers.

"Informasi apa pun kepada publik dapat membahayakan proses itu."

Kantor berita Rusia TASS pada hari Kamis (19/5/2022), mengutip Pushilin yang mengatakan lebih dari setengah pejuang Ukraina di dalam pabrik baja sekarang telah pergi.

Ukraina dan Rusia telah memberikan akun yang bertentangan.

Ukraina mengonfirmasi penyerahan lebih dari 250 pada Selasa (17/5/3/2023) tetapi tidak mengatakan berapa banyak lagi yang ada di dalam.

Rusia mengatakan pada hari Rabu bahwa 694 pejuang tambahan telah menyerah, sehingga jumlah total menjadi 959.

Kementerian pertahanannya memposting video yang dikatakan pejuang Ukraina yang menerima perawatan di rumah sakit setelah menyerah di Azovstal.

Mariupol adalah kota terbesar yang telah direbut Rusia sejauh ini dan memungkinkan Presiden Rusia Vladimir Putin untuk mengeklaim kemenangan langka dalam invasi yang dimulai pada 24 Februari lalu.

Sejak itu, serangan Rusia telah membuat kota-kota menjadi puing-puing, ribuan orang terbunuh dan lebih dari enam juta orang telah melarikan diri ke negara-negara tetangga.

Moskwa telah fokus di tenggara dalam serangan baru-baru ini setelah menarik diri dari Kyiv, di mana, dalam tanda normalisasi lebih lanjut, AS mengatakan telah melanjutkan operasi di kedutaannya pada hari Rabu (18/5/2022).

Kanada, Inggris dan lainnya juga baru-baru ini melanjutkan operasi kedutaan.

Moskwa yang menyangkal menargetkan warga sipil, mengatakan pihaknya terlibat dalam "operasi militer khusus" untuk demiliterisasi dan "denazifikasi" tetangganya.

Barat dan Kyiv menyebut itu sebagai dalih palsu untuk invasi.

https://www.kompas.com/global/read/2022/05/19/180000070/ukraina-terkini--700-pejuang-mariupol-menyerah-as-buka-kembali-kedubes-di

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke