Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ribuan Petani Argentina Turun ke Jalan, Protes Pajak dan Harga

BUENOS AIRES, KOMPAS.com – Ribuan petani Argentina menggelar aksi protes di Buenos Aires pada Sabtu (23/4/2022) menentang kebijakan Presiden Argentina Alberto Fernandez di sektor pertanian.

Salah satu fokus dalam aksi protes mereka adalah menentang kebijakan Fernandez yang menahan harga pangan untuk mengekang inflasi yang merajalela.

Argentina adalah salah satu pengekspor makanan utama di dunia, sebagaimana dilansir Reuters.

Sektor pertanian juga merupakan kunci perekonomian negara tersebut yang menjadi ekonomi terbesar ketiga di Amerika Latin.

Para pengunjuk rasa mengibarkan bendera Argentina dan mengendarai traktor ke jalan di depan istana kepresidenan Casa Rosada di Buenos Aires.

Sangat jarang para petani menggelar aksi protes di Buenos Aires, karena mereka biasanya mengadakan demonstrasi seperti itu di daerah pedesaan.

Fernandez telah melakukan intervensi di sektor biji-bijian dan daging. Pada satu titik, kebijakannya membatasi ekspor produsen daging untuk diprioritaskan ke pasokan domestik.

Beebrapa pengunjuk rasa memegang papan bertuliskan "Kami membayar untuk jalan tetapi malah mendapatkan rawa-rawa". Ada juga tulisan "turunkan pajak”.

Mereka juga mengeluarkan tuntutan pengurangan pajak dalam sebuah surat kepada pemerintah yang dibacakan saat protes, kemudian diberikan kepada media.

"Kami memiliki permintaan sederhana: kami tidak lagi bersedia mendanai tali yang digunakan untuk mencekik kami," bunyi surat itu.

Reuters melaporkan, aksi protes itu tidak diorganisir oleh organisasi tertentu.

Kala dipimpin Presiden Mauricio Macri, Argentina mengalami kenaikan pajak. Pajak juga terus meningkat saat Fernandez naik ke tampuk kekuasaan.

Pajak 12 persen dikenakan pada ekspor gandum dan jagung, yang meningkat menjadi 33 persen dalam ekspor kedelai, tepung, dan minyak goreng.

Argentina telah berjuang melawan inflasi yang sangat tinggi selama bertahun-tahun, membuat kebijakan pangan menjadi tugas yang sangat sulit bagi pemerintah.

Tahun, para petani juga memprotes pembatasan ekspor daging yang akhirnya dilonggarkan Fernandez.

https://www.kompas.com/global/read/2022/04/24/113100370/ribuan-petani-argentina-turun-ke-jalan-protes-pajak-dan-harga

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke