Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Singapura Akan Ganti PM, Lee Hsien Loong Digantikan Menkeu Lawrence Wong

Menteri Keuangan Lawrence Wong akan menjadi sosok terpilih menggantikan Lee Hsien Loong yang berencana meletakkan jabatan.

Dalam pernyataannya, Lee Hsien Loong menyatakan mayoritas besar anggota kabinet memilih Lawrence Wong sebagai perdana menteri ke-4 "Negeri Singa”.

Pilihan ini didukung oleh seluruh 83 parlementarian dari partai berkuasa Partai Aksi Rakyat (PAP)

PAP yang telah memerintah Singapura sejak kemerdekaan pada 1965 hanya memenangi 83 dari total 93 kursi parlemen dengan raihan suara nasional 61,24 persen.

Secara perolehan kursi, ini adalah jumlah terendah dalam sejarah yaitu hanya 89,25 persen kursi parlemen.

Sedangkan angka suara nasional anjlok 8,26 persen dari pemilu 2015 ketika PAP didukung hampir 70 persen warga Singapura.

Partai oposisi Partai Pekerja (WP) meraih hasil gemilang dengan menambah jumlah kursi di parlemen dari 6 menjadi 10 kursi.

Angka dua digit ini adalah jumlah kursi tertinggi dalam sejarah oposisi Singapura yang selama ini dikenal sangat lemah dan terpecah-belah.

Hasil mengecewakan ini akhirnya berujung dengan mundurnya Wakil Perdana Menteri Heng Swee Keat sebagai suksesor Lee pada April 2021.

Padahal Heng Swee Keat telah dipilih Lee Hsien Loong sejak November 2018 sebagai sosok penggantinya.

Mundurnya Heng Swee Keat membuka kembali bursa calon suksesor Lee Hsien Loong selama setahun terakhir. Lawrence Wong berhasil menyisihkan dua pesaing terkuatnya yaitu Menteri Pendidikan yang juga mantan Kepala Staf Angkatan Darat Chan Chun Sing dan Menteri Kesehatan Ong Ye Kung.

Lee Hsien Loong awalnya berencana mengundurkan diri sebelum menyentuh umur 70 tahun, yaitu tepatnya pada 2022. Namun, putra pendiri Singapura Lee Kuan Yew itu tahun lalu menyampaikan, akan menundanya karena wabah Covid-19 yang masih melanda.

Perpolitikan Singapura yang terkenal stabil dan teratur sempat dilanda ketidakpastian akibat perubahan skenario suksesi.

Siapa Lawrence Wong?

Sosok Wong dikenal sebagai wajah penanganan pandemi Covid-19 di Singapura. Selain menjabat sebagai Menkeu, politisi berusia 49 tahun itu adalah Ketua Gugus Tugas Covid-19.

Wajahnya setia menghiasi layar kaca, laptop, dan telepon genggam mengumumkan serangkaian kebijakan pengetatan dan pelonggaran Covid-19.

Perannya yang semakin dominan dalam perang melawan Covid-19 menjadikannya sejak awal sosok favorit untuk menggantikan Lee Hsien Loong.

Lulusan universitas ternama Harvard University ini terjun ke panggung politik dengan mencalonkan diri sebagai anggota parlemen pada pemilu 2011.

Terpilih dengan mudah, karier politiknya melesat bagai meteor. Setahun setelah terpilih dia dipercaya sebagai Menteri Kebudayaan, Masyarakat, dan Pemuda.

Kembali terpilih pada pemilu 2015, Lee Hsien Loong memberinya tanggung jawab lebih besar sebagai Menteri Pembangunan Nasional.

Lawrence Wong menjabat sesaat sebagai Menteri Pendidikan selama 10 bulan setelah pemilu Juli 2020.

Pengunduran diri Heng Swee Keat membuka jalan bagi Lawrence Wong untuk menggantikannya sebagai Menteri Keuangan, posisi senior kabinet yang juga disandang Lee Hsien Loong sebelum menjabat sebagai PM Singapura.

Lee Hsien Loong yang telah berkuasa selama 18 tahun belum mengindikasikan kapan tepatnya dia akan menyerahkan kekuasaan ke Lawrence Wong. Namun, diperkirakan dia akan mundur sebelum pemilu Singapura berikutnya yang harus digelar paling lambat November 2025.

https://www.kompas.com/global/read/2022/04/14/190034870/singapura-akan-ganti-pm-lee-hsien-loong-digantikan-menkeu-lawrence-wong

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke