Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Lagu-lagu Neil Young Dihapus dari Spotify, Imbas Ultimatum Disinformasi Covid-19

KOMPAS.com - Spotify akhirnya menghapus musik Neil Young setelah musisi rock tersebut memberikan ultimatum kepada layanan streaming itu.

Sebelumnya, Young mengatakan bahwa Spotify, lewat podcast Joe Rogan, menyebarkan "informasi palsu" tentang vaksin Covid-19.

Dilansir The Hill, Young dengan tegas menyatakan hal ini.

“Saya ingin Anda memberi tahu Spotify segera bahwa saya ingin semua musik saya keluar dari platform mereka. Mereka dapat memiliki Joe Rogan atau Young. Tidak keduanya,” tulis Young dalam sepucuk surat awal minggu ini kepada label rekaman dan tim manajemennya.

"Saya melakukan ini karena Spotify menyebarkan informasi palsu tentang vaksin. Berpotensi menyebabkan kematian bagi mereka yang percaya disinformasi," kata penyanyi "Rockin' in the Free World" berusia 76 tahun ini.

Young kecewa terhadap komentar yang dibuat pembawa acara podcast kontroversial di acaranya yang disiarkan oleh Spotify, “The Joe Rogan Experience.”

Pihak Spotify pun menanggapinya.

“Kami ingin semua konten musik dan audio dunia tersedia untuk pengguna Spotify. Dengan itu muncul tanggung jawab besar dalam menyeimbangkan keamanan bagi pendengar dan kebebasan bagi pencipta,” kata juru bicara Spotify.

“Kami memiliki kebijakan konten terperinci dan kami telah menghapus lebih dari 20.000 episode podcast yang terkait dengan Covid-19 sejak awal pandemi,” kata pernyataan itu.

“Kami menyesali keputusan Neil untuk menghapus musiknya dari Spotify, tetapi berharap dapat segera menyambutnya kembali,” tambah platform itu.

Rogan telah menjadi pembicaraan dalam beberapa bulan terakhir karena komentar yang dibuatnya tentang Covid-19 dan vaksin.

Awal bulan ini, sebuah surat terbuka yang ditandatangani oleh 270 profesional perawatan kesehatan mendesak Spotify untuk mengambil tindakan terhadap kesalahan informasi vaksin disebarkan di acara Rogan.

Acara ini menawarkan jangkauan luas, dengan perkiraan 11 juta pendengar per episode.

Rogan, yang mengatakan pada September 2021 bahwa ia dites positif Covid-19 tahun lalu, membatalkan pertunjukan yang terjual habis di Vancouver yang dijadwalkan pada April.

Imi karena ia tidak dapat memasuki Kanada tanpa bukti vaksinasi.

“Saya tidak divaksinasi. Aku tidak akan divaksinasi. Saya punya antibodi, itu tidak masuk akal,” kata Rogan, 54 tahun, dalam sebuah posting Instagram saat itu.

https://www.kompas.com/global/read/2022/01/28/103000470/lagu-lagu-neil-young-dihapus-dari-spotify-imbas-ultimatum-disinformasi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke