Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Korea Utara Mengaku Luncurkan Rudal Lagi, Total 6 Uji Coba dalam Sebulan

PYONGYANG, KOMPAS.com – Korea Utara mengaku telah meluncurkan rudal jelajah jarak jauh dan rudal balistik jarak pendek pada pekan ini.

Kabar tersebut diwartakan langsung oleh media Pemerintah Korea Utara, Korean Central News Agency (KCNA) pada Jumat (28/1/2022).

Sejak awal tahun, Korea Utara telah melakukan enam uji coba peluncuran rudal, termasuk rudal hipersonik sebagaimana dilansir AFP.

KCNA mengatakan, uji coba rudal jelajah jarak jauh diaksanakan pada Selasa (26/1/2022) untuk mengecek kekuatan hulu ledak konvensional rudal berpemandu taktis permukaan-ke-permukaan.

KCNA menambahkan, rudal jelajah jarak jauh tersebut terbang di atas Laut Timur dan mengenai target yang berjarak 1.800 kilometer.

Sedangkan pada Kamis (27/1/2022), sebuah rudal balistik jarak pendek diluncurkan dan menghantam sebuah target.

“Membuktikan bahwa daya ledak hulu ledak konvensional memenuhi persyaratan desain,” lapor KCNA.

Serangkaian uji coba rudal Korea Utara tersebut dilakukan setelah Kim Jong Un kembali mengungkapkan komitmennya pada Desember 2021 terhadap modernisasi militer.

Kim juga mengunjungi pabrik amunisi yang memproduksi sistem senjata utama, lapor KCNA.

Dalam sebuah foto yang dirilis KCNA, Kim tampak semringah, mengenakan jaket kulit berwanra hitam, dan dikelilingi oleh pejabat berseragam.

KCNA menuturkan, Kim sangat menghargai pabrik yang mempengaruhi inovasi kolektif dan lompatan kemajuan dalam memproduksi senjata utama.

Korea Utara juga sedang bersiap untuk merayakan ulang tahun ke-80 kelahiran mendiang pemimpin Kim Jong Il pada Februari, serta ulang tahun ke-110 pendiri Korea Utara Kim Il Sung pada April.

https://www.kompas.com/global/read/2022/01/28/100100070/korea-utara-mengaku-luncurkan-rudal-lagi-total-6-uji-coba-dalam-sebulan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke