Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kasus dan Kematian Covid-19 Afrika Menurun, Kali Pertama di Gelombang Keempat

Seraya menggambarkan gejolak 56 hari sebagai lonjakan tersingkat di Afrika, kantor regional Badan Kesehatan Dunia (WHO) di Afrika mengatakan, kasus baru yang dilaporkan turun 20 persen dalam seminggu hingga Minggu (16/1/2022), sementara kematian yang dilaporkan turun delapan persen.

Dalam pernyataan yang dikeluarkan setelah konferensi pers mingguan, kantor tersebut juga mengatakan, Afrika Selatan tempat varian Omicron kali pertama terdeteksi, mengalami tren penurunan kasus selama empat minggu terakhir.

Hanya Afrika Utara yang melaporkan peningkatan kasus minggu lalu dengan lonjakan 55 persen, katanya dikutip dari AFP.

Namun, Matshidiso Moeti selaku direktur regional WHO untuk Afrika memperingatkan, "Benua ini belum membalikkan kondisi pada pandemi ini. Selama virus terus beredar, gelombang pandemi lebih lanjut tidak bisa dihindari."

Dia mengatakan, Afrika seharusnya tidak hanya memperluas vaksinasi, tetapi juga meningkatkan dan meratakan akses pemgobatan Covid-19 yang kritis untuk menyelamatkan nyawa dan secara efektif memerangi pandemi.

Baru 10 persen dari populasi Afrika yang sudah divaksinasi dosis penuh, menurut WHO.

Afrika, benua dengan populasi 1,2 miliar orang, relatif tidak terkena dampak pandemi, dan melaporkan 234.913 kematian dari 10,5 juta kasus, menurut penghitungan AFP.

 

https://www.kompas.com/global/read/2022/01/22/213600570/kasus-dan-kematian-covid-19-afrika-menurun-kali-pertama-di-gelombang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke