Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Truk Meledak Dahsyat di Ghana, 17 Orang Tewas dan 59 Terluka

Ledakan tersebut muncul setelah sebuah truk yang membawa bahan peledak bertabrakan dengan sebuah sepeda motor.

Truk yang membawa bahan peledak itu sedang dalam perjalanan ke tambang emas Chirano, yang dijalankan oleh Kinross yang berbasis di Toronto.

Seorang juru bicara Kinross telah mengonfirmasi insiden tersebut dan mengatakan hal itu terjadi di lokasi yang jaraknya 140 km dari tambang.

Ledakan truk diketahui telah meninggalkan lubang besar di permukaan jalan dan menghancurkan lusinan bangunan menjadi tumpukan kayu dan logam yang tertutup debu di Apiate, dekat kota Bogoso, sekitar 300 kilometer dari barat ibukota negara Afrika Barat yang kaya mineral, Accra.

Rekaman video yang beredar menunjukkan bagaimana penduduk setempat langsung bergegas menuju kobaran api dan asap hitam yang membubung tinggi setelah terjadi ledakan untuk memeriksa dampak kerusakan.

Sementara, para petugas penyelamat berusaha untuk membersihkan puing-puing untuk mencari korban selamat yang terperangkap dalam kehancuran.

“Total 17 orang sayangnya telah dikonfirmasi tewas, dan 59 orang terluka telah diselamatkan,” kata Menteri Penerangan Ghana, Kojo Oppong Nkrumah dalam sebuah pernyataan yang dirilis pada Kamis malam, sebagaimana diberitakan AFP, Jumat (21/1/2022).

Nkrumah mengatakan berdasarkan data awal, penyebab ledakan adalah kecelakaan yang melibatkan truk yang mengangkut bahan peledak untuk sebuah perusahaan pertambangan, sepeda motor, dan kendaraan lainnya di dekat sebuah transformator listrik.

Nkrumah menyampaikan, dari 59 orang yang terluka, 42 orang di antaranya dirawat di rumah sakit atau pusat kesehatan.

“Sayangnya beberapa dalam kondisi kritis", tambah dia.

Presiden Ghana Nana Akufo-Addo menyebut peristiwa kecelakan ini sebagai insiden yang benar-benar menyedihkan, tidak menguntungkan, dan tragis.

Pemerintah Ghana mengatakan mereka yang dalam kondisi kritis akan dipindahkan ke rumah sakit di Accra dan polisi meminta desa-desa sekitarnya untuk membuka sekolah dan gereja mereka untuk menampung korban tambahan.

Sebuah tim dari kepolisian dan ahli ledakan dari tentara di Ghana telah dikerahkan untuk menghindari ledakan kedua dan menerapkan langkah-langkah keamanan setelah ledakan.

https://www.kompas.com/global/read/2022/01/21/113000570/truk-meledak-dahsyat-di-ghana-17-orang-tewas-dan-59-terluka

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke